Dzikir dan Doa Sesudah Sholat Tahajud Latin dan Artinya

Konten []
    Runimas.com - Dzikir dan doa sesudah sholat tahajud latin dan artinya. Sholat tahajud dikerjakan pada malam hari dan merupakan salah satu sholat sunnah yang memiliki keutamaan luar biasa sehingga banyak dikerjakan kalangan umat Islam.

    doa dan dzikir sesudah sholat tahajud

    Orang yang menjalankan sholat tahajud biasanya dikarenakan memiliki hajat atau keinginan, dan hal yang diinginkan tersebut biasanya disebutkan dalam doa setelah sholat tahajud yang dibaca ketika ibadah sholat sunnah tahajud selesai.

    Sholat tahajud biasanya dikerjakan sebanyak minimal dua rakaat dengan kelipatan 2 rakaat, maksimal rakaat yang dikerjakan bisa 12 namun umumnya orang-orang mengerjakan cukup 4 rakaat saja. Sholat tahajud dikerjakan paling mustajab ketika sepertiga malam terakhir.

    Ada banyak manfaat dari membaca doa selepas sholat tahajud, antara lain untuk mengabulkan keinginan seperti dipertemukan dengan jodoh, wajah yang cerah dan rupawan, kesehatan tubuh jasmani dan rohani serta masih banyak lagi.

    Keistimewaan sholat tahajud lain adalah merupakan ibadah sholat sunnah yang rutin dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW. Nabi pun kerap mencontohkan membaca dzikir atau wirid sesudah sholat tahajud sampai waktu subuh tiba.

    Kita pun bisa menirunya demikian, yakni mengamalkan sholat malam yang penuh keistimewaan tersebut cukup 4 rakaat kemudian meneruskannya dengan doa, dzikir atau wirid sampai masuk waktu subuh. Insyaallah apa yang kita harapkan akan dikabulkan oleh Allah Ta'ala, Amin.

    Di sini ada beberapa doa yang dapat dibaca ketika selesai sholat tahajud, ada doa yang pendek dan ada pula doa yang lebih panjang bisa disebut dengan dzikir atau wirid, ada beberapa orang juga yang menamakannya sebagai dalil sesudah sholat tahajud.

    Doa Pendek Sesudah Sholat Tahajud

    Bila mengerjakan sholat tahajud dengan maksud khusus, yakni ingin agar harapannya dijabahkan oleh Allah SWT, maka seusai sholat tahajud dianjurkan membaca doa pendek agar keinginan cepat terkabul.

    Doa ini kita merendahkan diri di harapan Allah seraya memohon pertolongan dari-Nya. Doa ini juga menyatakan bahwa kita bersaksi atas adanya Allah SWT sebagai Tuhan pengatur alam semesta berikut hal-hal yang terjadi di dalamnya.

    Karena hanya kepada Allah SWT kita berhak meminta dan karena tidak ada selain diri-Nya yang memiliki kemampuan untuk mengabulkan keiginan seorang hamba. Berikut adalah teks bacaan doa setelah sholat tahajud yang pendek sesuai sunnah mohon dikabulkan keiginan.

    اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِأَنِّي أَشْهَدُ أَنَّكَ أَنْتَ اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ الأَحَدُ الصَّمَدُ الَّذِي لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ 

    Allâhumma innî as’aluka bi annî asyhadu annaka antallâhu, lâ ilâha illâ antal ahadus shamad, alladzî lam yalid wa lam yûlad, wa lam yakullahû kufuwan ahad.

    Artinya :
    "Tuhanku, aku memohon (pertolongan) kepada-Mu. Aku bersaksi bahwa Engkau adalah Allah. Tiada tuhan selain Engkau Yang Maha Esa, tempat bergantung yang tiada melahirkan dan tiada dilahirkan, serta tiada apapun yang menyamai-Nya."

    Dzikir Sesudah Sholat Tahajud 

    doa setelah sholat tahajud

    Ada juga doa yang lebih panjang dan merupakan doa yang umum, sering, sesuai sunnah, berdasar hadits dibaca selepas sholat tahajud selesai. Berikut adalah teks lafadz dzikir atau wirid sesudah sholat tahajud yang lengkap.

    اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَوْ لَا إِلَهَ غَيْرُكَ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

    Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samawaati wal ardhi wa man fiihinn(a), wa lakal hamdu laka mulkus samawaati wal ardhi wa man fiihinn(a), wa lakal hamdu anta nuurus samawaati wal ardhi wa man fiihinn(a), wa lakal hamdu anta malikus samawaati wal ardh(i), wa lakal hamdu antal haqq(u), wa wa’dukal haqq(u), wa liqaa-ukal haqq(u), wal jannatu haqq(un), wan naaru haqq(un), wan nabiyyuuna haqq(un), wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqq(un), was saa’atu haqq(un), allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfir lii maa qaddamtu, wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu, antal muqaddimu, wa antal muakhkhiru, laa ilaaha illa ant(a) aw laa ilaaha ghairuka wa laa haula wa laa quwwata illa billah(i).

    Artinya :
    "Ya Allah, milikmulah segala puji, Engkaulah penegak langit dan bumi serta apa-apa yang ada di dalamnya, milik-Mu lah segala puji, milik-Mu lah kerajaan langit dan bumi dan apa-apa yang ada di dalamnya, milik-Mu lah segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi dan apa-apa yang ada di dalamnya, milik-Mu lah segala puji, Engkaulah penguasa langit dan bumi , milik-Mu lah segala puji, Engkaulah yang benar dan janjimu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataanmu benar, surga-Mu itu benar ada, neraka itu benar ada, para nabi itu benar, Nabi Muhammad Saw itu benar, dan kiamat itu benar ada. Ya Allah hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal, hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dengan-mu lah aku menghadapi musuh, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Maka ampunilah aku atas segala dosa yang telah aku lakukan dan yang mungkin akan aku lakukan, dosa yang aku lakukan sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. Engkaulah yang Maha terdahulu dan Engkaulah yang Maha terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau dan tiada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah."

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa sesudah sholat tahajud. dzikir dan doa setelah sholat tahajud, pdf, dan hajat, amalan dzikir setelah tahajud, doa setelah, selepas, sesudah, seusai, sholat sunnah tahajud malam hari dalam agama islam, nu, muhammadiyah.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments