Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu yang Benar, Shahih

Konten []
    Runimas.com - Doa sebelum dan sesudah wudhu yang benar, shahih. Wudhu adalah kegiatan menyucikan diri dari hadats kecil, tujuannya adalah agar badan dan pakaian kita menjadi suci sehingga sah untuk sholat.

    doa sebelum dan sesudah wudhu

    Karena kita tidak tahu najis atau kotoran apa yang menempel di tubuh, maka setiap akan beribadah, baik sholat atau membaca Al-Quran perlu berwudhu terlebih dahulu. Wudhu tidak dilakukan secara sembarangan, melainkan ada doa pada awal dan setelah wudhu.

    Doa sebelum wudhu yang benar merupakan doa yang diajarkan ketika kita masih TK dan SD. Mungkin kita masih ingat ketika guru mengajari kita gerakan-gerakan wudhu disertai doa. Di sini, kita akan menuliskan doa sebelum berwudhu.

    Ada pula doa setelah wudhu yang shahih. Doa yang dibaca setelah selesai gerakan akhir dalam wudhu, yakni membasuh kedua telapak kaki sampai ke mata kaki. Tanpa doa, wudhu hanyalah gerakan-gerakan tanpa menyucikan badan.

    Adapun doa membasuh seluruh anggota tubuh ketika wudhu telah dibahas sebelumnya pada halaman doa wudhu, dan di sini kita hanya fokus menuliskan doa sebelum dan sesudah wudhu saja agar artikel menjadi lebih rapi.

    Doa sebelum dan setelah wudhu ini tidak bisa dibaca untuk tayamum. Tayamum memiliki gerakan yang berbeda, bacaan doanya pun berbeda. Kedepan kita akan membuat artikel tentang doa dan tata cara tayamum yang benar.

    Ini adalah kedua doa wudhu yang dibaca setelah dan sesudahnya. Berikut adalah lafadz bacaan doa sebelum dan sesudah wudhu yang lengkap sesuai sunnah yang benar berdasar hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

    Bacaan Doa Sebelum Wudhu

    doa sebelum wudhu

    Doa ketika akan wudhu ini bukan merupakan doa niat wudhu karena niat wudhu dibaca pada saat sebelum membasuh muka atau setelah gerakan memasukkan air ke dalam kedua lubang hidung. Doa sebelum berwudhu ini dibaca sebelum membasuh kedua tangan.

    Tujuand ari membaca doa ini adalah untuk menyampaikan bahwa kita berwudhu untuk mendapatkan ridha Allah SWT. Tidak ada wudhu yang baik selain dengan menyebut nama Allah SWT sebagai Tuhan yang Maha Esa.

    Berikut adalah teks doa yang dibaca sebelum wudhu, lafadz doa sebelum wudhu, dalam bahasa Arab, latinnya dan terjemahan bahasa Indonesia yang benar. Apabila lupa maka tidak ada kewajiban untuk mengulang wudhu.

    لاَ وُضُوءَ لِمَنْ لَمْ يَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهِ

    Artinya :
    "Tidak ada wudhu bagi yang tidak menyebut nama Allah."

    Bacaan Doa Setelah Wudhu

    doa setelah wudhu

    Sementara doa setelah selesai wudhu dibaca pada saat sudah melaksanakan wudhu, yakni setelah membasuh kedua kaki, kemudian tegakkan tubuh dan tadahkan tangan ke atas seraya membaca doa berikut ini.

    Doa ini agak lebih panjang dibanding doa sebelum wudhu karena makna dari doa selesai wudhu adalah menyatakan bahwa kita percaya tidak ada Tuhan selain Allah dan juga mengakui bahwa Rasulullah SAW adalah utusan Allah SWT.

    Selain itu, doa ini juga dimaksudkan untuk memohon kepada Allah SWT agar kita dimasukkan ke golongan orang-orang yang suci dan sholeh, termasuk ke dalam kumpulan orang mukmin dan mukminah.

    Berikut adalah doa yang dibaca pada saat sudah selesai wudhu dalam bahasa Arab, bahasa Indonesia, tulisan latinnya yang benar lengkap beserta latin dan artinya.

    اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

    Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina. Waj 'alnii min 'ibaadikassolikhiin.

    Artinya :
    "Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (sholeh)."

    Kesimpulan

    Itulah dua doa wudhu yang dilafadzkan pada saat sebelum dan setelah melaksanakan wudhu yang lengkap dan benar. Semoga artikel ini membantu bagi yang sedang mencari doa setelah wudhu muhammadiyah, lengkap pdf, yang shahih, yang benar dan sebagainya.

    Baca :