Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan Latin Lengkap

Konten []
    Runimas.com - Bacaan doa sebelum dan sesudah makan latin lengkap. Setiap makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita merupakan anugerah dari Allah SWT. Oleh karena itu sudah sepantasnya kita mensyukurinya.

    doa sebelum dan sesudah makan

    Begitu pula dengan minuman yang masuk dan dikonsumsi tubuh, kita harus bersyukur atas segala sesuatu yang masuk ke tubuh kita karena merupakan anugerah dari-Nya. Tidak semua orang seberuntung kita dapat makan sebanyak tiga kali sehari.

    Ucapan syukur dapat dilakukan dengan membaca doa sebelum dan sesudah makan atau minum. Dalam agama Islam, umat muslim sangat dianjurkan berdoa sebelum dan setelah makan baik sarapan, makan siang maupun makan malam.

    Pentingnya mengucap doa makan telah kita pelajari sejak duduk di bangku TK atau SD. Bahkan guru pada waktu itu mengajari kita doa makan untuk anak dalam agama Islam yang tentunya berlaku sampai kita dewasa bahkan tua sekalipun.

    Saat mengaji, ustadz atau ustadzah juga kerap mengajari kita doa sehari-hari termasuk doa ketika hendak makan dan seusai makan ataupun minum. Ketika kita dewasa, kita pun memiliki kewajiban untuk mengajarkan doa tersebut kepada anak dan cucu kita.

    Di sini kita akan membahas mengenai doa yang dibaca sebelum dan sesudah makan. Doa ini adalah doa yang sudah kita kenal bersama karena telah diajarkan sejak dini di sekolah ketika belajar, masjid atau mushola ketika ngaji maupun di rumah oleh orangtua.

    Bacaan Doa Sebelum Makan

    doa sebelum makan

    Doa yang dibaca saat akan makan memiliki banyak keutamaan dan manfaat diantaranya adalah memohon kepada Allah SWT agar makanan yang dilimpahkan oleh Allah SWT dapat menjadi rezeki serta dapat menjauhkan kita dari siksa api neraka.

    Adab seorang muslim sebelum makan adalah mengambil makanan secukupnya (tidak rakus), posisi duduk menghadap meja, menggunakan tangan atau sendok dan garpu serta tidak berbicara pada saat sedang mengunyah makanan.

    Berikut adalah lafadz teks bacaan doa sebelum makan dalam agama Islam sesuai sunnah untuk anak-anak baik dalam bahasa Arab, tulisan latin beserta artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap berdasar hadits shahih.

    اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

    Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa 'adzaa bannar.

    Artinya :
    "Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka"

    Bacaan Doa Sesudah Makan

    doa sesudah makan

    Makna atau fadhilah dari doa setelah makan adalah untuk mengucap syukur kepada Allah Ta'ala atas pemberian makanan serta minuman dan memohon kepada-Nya agar memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang shalih.

    Adab seorang muslim seusai selesai makan adalah minum segelas air putih, menghabiskan makanan jangan sampai ada sisa, membalik sendok dan garpu menghadap bawah di atas piring serta mencuci peralatan makan.

    Berikut adalah bacaan doa selepas makan tulisan latin lengkap beserta bahasa Arab dan terjemahannya atau artinya sesuai sunnah untuk anak dalam agama Islam yang dijarkan di sekolah saat masih kecil.

    اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

    Alhamdu lillaahil ladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa minal muslimiin.

    Artinya :
    "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum, Serta menjadikan kami termasuk golongan orang-orang muslim"

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa makan baik sebelum dan sesudah. Doa makan bersama, buka puasa, makan sahur, doa makan pagi, siang, sore, malam, doa memulai, hendak, ketika akan mau makan dan minum.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments