Bacaan Doa Mensyukuri Nikmat dan Terjemahannya

Konten []
    Runimas.com - Bacaan doa mensyukuri nikmat dan terjemahannya. Kita sama-sama tahu bahwa apa yang ada di dunia ini merupakan milik Allah SWT, termasuk apa yang kita punya, miliki dan dapatkan merupakan pemberian dari-Nya.

    doa mensyukuri nikmat allah swt

    Banyak hal yang petut kita syukuri dalam hidup, seperti contohnya saat bangun tidur saja kita harus bersyukur atas nikmat Allah SWT karena telah memberi kesempatan kepada kita untuk bangun dengan kondisi tubuh yang segar bugar, masih dapat menghirup oksigen dan dapat beaktifitas seperti biasanya.

    Ucapan syukur kepada Allah SWT ada banyak sekali macamnya, bisa kita ucapkan dengan singkat dengan mengucap kalimat tahmid (alhamdulillah), melakukan sujud syukur, berdoa dan berdzikir setelah sholat, ataupun dengan cara membaca doa khusus untuk mensyukuri nikmat yang Allah SWT limpahkan.

    Bersyukur atas nikmat Allah SWT hukumnya wajib, sebagaimana kita berterima kasih kepada pihak lain yang telah membantu kita. Berterimakasih kepada Allah dengan mengucap kalimat syukur adalah satu-satunya hal yang bisa kita lakukan.

    Maka dari itu, di sini kita akan membahas beberapa kumpulan doa bersyukur atau doa syukuran meliputi doa syukur Nabi Sulaiman, umur, Allah latin, kemerdekaan, beserta artinya, hujan, Islam, bahasa Indonesia dan sebagainya.

    Bacaan Doa Mensyukuri Nikmat

    doa mensyukuri nikmat

    Berikut adalah beberapa doa yang dapat dibaca sebagai bentuk wujud berterimakasih kepada Allah SWT atas segala nikmat, berkah, pemberian, hadiah dan mukjizat yang diberikan oleh-Nya kepada kita selama hidup di dunia.

    Ada doa mensyukuri nikmat dari Nabi Sulaiman AS, ada doa bersyukur atas nikmat Allah SWT, ada juga doa mensyukuri nikmat Islam silahkan disimak di bawah ini.

    Berikut adalah bacaan lafadz doa mensyukuri nikmat bersyukur atas nikmat Allah SWT dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia secara lengkap, panjang dan singkat.

    1. Doa Mensyukuri Nikmat Nabi Sulaiman AS

    رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

    Robbi auzi’nii an asykuro ni’matakalattii an’amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala soolihan tardhoohu wa adkhilnii birohmatika fii ‘ibadikash soolihiin.

    Artinya:
    "Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh"

    2. Doa Bersyukur Atas Nikmat Allah SWT

    رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

    Rabbi aw zi’niy an asykura ni’matakallatiy an’amta ‘alayya wa’alaa waalidayya wa an a’mala shaalihan tardhaahu wa ashlihliy fii dzurriyyatiy inniy tubtu ilayka wa inniy minal muslimiin

    Artinya :
    "Ya Tuhanku, tunjukilah saya untuk mensyukuri ni`mat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya saya sanggup berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya saya bertaubat kepada Engkau dan bekerjsama saya termasuk orang-orang yang berserah diri." (Q.S. Al-Ahqaf : 15).

    3. Doa Mensyukuri Nikmat Islam

    رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

    Artinya :
    "Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang ibu-bapakku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai, serta masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih." (QS. Al-Naml: 19).

    Kesimpulan

    Itulah sedikit penjelasan dan pembahasan mengenai doa mensyukuri nikmat, doa keberkahan umur, doa syukur nikmat nabi sulaiman, ucapan bersyukur, doa syukur singkat, bahasa arab berterima kasih kepada allah, surat an naml ayat 19, doa syukuran dan sebagainya.

    Baca :