Doa Menghilangkan Rasa Malas dan Ngantuk Saat Kerja

Konten []
    Runimas.com - Doa menghilangkan rasa malas dan ngantuk saat kerja. Setiap manusia wajib bekerja, terutama laki-laki karena setelah berkeluarga, mereka yang berkewajiban member nafkah kepada istri dan anak-anaknya.

    doa menghilangkan rasa malas dan ngantuk

    Saat R.A. Kartini memperjuangkan emansipasi wanita, hal tersebut telah menimbulkan kesetaraan gender sehingga saat ini wanita pun telah banyak yang bekerja bahkan memiliki posisi penting dalam perusahaan atau tatanan negara.

    Umat Islam diwajibkan bekerja dengan sungguh-sungguh dan semangat, tidak boleh main-main atau bahkan malas-malasan. Namun yang namanya manusia pasti ada saja yang merasa malas ketika bekerja di kantor.

    Rasa malas yang berlebihan akan menimbulkan ngantuk dan perasaan ingin tidur, jelas itu sama sekali tidak baik bukan hanya karena akan diamarahi oleh atasan, melainkan juga membuat reputasi kita di dunia kerja juga akan buruk.

    Dalam sebuah hadits diriwayatkan sebuah doa yang dapat dibaca ketika kita mulai merasa malas dan mengantuk ketika bekerja. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan kembali semangat dalam bekerja yang otomatis membuat mata kembali melek dan rasa ngantuk pun hilang.

    Doa menghilangkan rasa malas dan ngantuk sebaiknya kita amalkan, kalau bisa kita hafalkan agar setiap sedang mengantuk maupun malas dalam bekerja, Allah SWT akan menumbuhkan lagi semangat untuk bekerja keras.

    Di sini kita akan membahas mengenai doa menghilangkn rasa malas dan ngantuk saat bekerja, doa ketika malas bekerja, doa saat mengantuk, dan sebagainya. Silahkan disimak.

    Doa Menghilangkan Rasa Malas Saat Kerja

    doa menghilangkan malas

    Doa berikut ini memiliki banyak keutamaan diantaranya apabila kita mengetahui terjemahannya, maka kita akan mengetahui bahwa malas ketika bekerja bukan merupakan hal baik atau wajar, justru itu merupakan sebuah sifat yang tidak baik.

    Berikut adalah lafadz doa ketika malas bekerja, menghilangkan rasa malas untuk kerja, dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya yang benar, sesuai sunnah berdasar hadits shahih.

    اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

    Allâhumma innî a‘ûdzubika minal kasali wa a‘ûdzubika minal jubni wa a‘ûdzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli.

    Artinya :
    "Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung pkeadaMu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit."

    Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan ketika muncul rasa malas dalam bekerja. Salah satunya adalah ingat kembali perjuangan kita untuk meraih posisi dalam pekerjaan tersebut. Jangan sampai kita kehilangan kerja hanya karena malas-malasan padahal sudah susah payah masuk ke perusahaan itu.

    Selain itu, ingat lagi bahwa pekerjaan yang kita miliki sekarang merupakan karunia dari Allah SWT. Masih ada banyak orang di luar sana yang tidak seberuntung kita mendapat pekerjaan, bahkan banyak pula mahasiswa dengan gelar tinggi yang masih menganggur sampai saat ini.

    Ingat juga perjuangan orangtua untuk menyekolahkan kita dan mendidik kita sehingga memiliki kompetensi untuk bersaing di dunia kerja. Ingat pula bagaimana bangganya mereka, orangtua ketika tahu bahwa anaknya telah memiliki pekerjaan yang mapan.

    Doa Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Kerja

    doa menghilangkan ngantuk

    Rasa ngantuk muncul ketika orang sudah benar-benar tidak bisa mengendalikan rasa malasnya dalam bekerja. Apabila tidak diatasi, rasa ngantuk tersebut akan membuat kita tertidur di tempat kerja dan jika ketahuan bos, pasti kita akan kena tegur.

    Saat mengantuk, sebaiknya kita izin ke toilet terlebih dahlu untuk cuci muka, gunakan sabun yang bersih dan basuh seluruh wajah dengan air jernih. Apabila benar-benar mengantuk, laksanakanlah sholat sunnah dua rakaat terlebih dahulu.

    Selain itu, kita juga bisa membaca sebuah lafadz doa saat merasa ngantuk di ruang kerja. Berikut adalah lafadz bacaan doa ketika mengantuk saat bekerja sesuai sunnah tulisan Arab beserta latinnya dan arti dalam bahasa Indonesia.

    إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ ۗ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ ۗ تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ

    Inna rabbakumullāhullażī khalaqas-samāwāti wal-arḍa fī sittati ayyāmin ṡummastawā 'alal-'arsy, yugsyil-lailan-nahāra yaṭlubuhụ ḥaṡīṡaw wasy-syamsa wal-qamara wan-nujụma musakhkharātim bi`amrihī alā lahul-khalqu wal-amr, tabārakallāhu rabbul-'ālamīn.

    Artinya :
    "Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam."

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan doa ketika malas dan mengantuk. Lafadz doa untuk menghilangkan rasa malas dan mengantuk saat ketika bekerja di kantor, doa untuk menumbuhkan semangat kerja, doa terhindar, agar tidak mudah malas atau ngantuk bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan Indonesia sesuai sunnah berdasar hadits shahih.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments