Doa Masuk dan Keluar Rumah Menurut Islam Sesuai Sunnah

Konten []
    Runimas.com - Doa masuk dan keluar rumah menurut islam sesuai sunnah. Manusia memiliki tempat tinggal untuk berteduh, baik itu rumah, apartemen, cluster, perumahan, kontarakan, kos-kosan maupun jenis properti lainnya.

    doa masuk dan keluar rumah

    Setengah dari waktu kita hidup di dunia dihabiskan di rumah, apalagi jika berstatus sebagai ibu rumah tangga, hampir setiap hari tinggal di rumah untuk mengurus segala keperluan keluaga, anak dan juga suami.

    Maka dari itu rumah atau tempat tinggal sudah sepatutnya menjadi tempat yang paling nyaman bagi kita semua. Nyaman dalam artian memiliki suasana yang sejuk saat berkumpul bersama keluarga, udara yang segar serta menumbuhkan ketenangan hati untuk beribadah.

    Saat seseorang hendak memasuki atau meninggalkan rumah, sangat dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Doa diucapkan untuk dua kepentingan yang berbeda tergantung apakah itu dibaca saat akan masuk rumah atau keluar dari rumah.

    Doa masuk dan keluar rumah mungkin jarang kita amalkan karena memang sejak kecil kita dibiasakan untuk hanya mengucap salam saja saat keluar atau masuk pintu rumah. Namun membaca doa ini termasuk amalan yang sangat penting.

    Di sini kita akan membahas doa masuk ke rumah sendiri, orangtua, teman, saudara, kakak, kakek dan nenek, ayah dan ibu, kerabat, tetangga untuk bersilaturahmi maupun doa keluar rumah untuk bepergian, bersekolah atau bekerja.

    Doa yang ada di sini bersumber dari berbagai hadits shahih dan ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya sesuai sunnah. Silahkan simak doa yang termasuk ke dalam doa sehari-hari untuk anak SD, PAUD, TK dalam agama Islam.

    Doa Masuk Rumah Menurut Islam Sesuai Sunnah

    doa masuk rumah

    Doa memasuki rumah sebaiknya dibaca pada saat sebelum mengucap salam ketika hendak membuka atau mengetuk pintu. Doa juga bisa dibaca ketika pertama kali melepas sandal atau sepatu dan memasuki bagian teras rumah.

    Adab seorang muslim ketika memasuki rumah adalah mengetuk pintu sebanyak tiga kali, kemudian mengucapkan salam. Bila ada bel maka tekan bel tersebut untuk memanggil tuan rumah atau penghuni di dalamnya serta masuk dengan mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu agar sopan.

    Berikut adalah bacaan doa memasuki rumah, ketika hendak mau masuk rumah, apartemen, kediaman, tempat tinggal, kos-kosan, tempat kost, kontrakan, rumah susun dan sebagainya sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

    اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

    Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa'alallohi robbina tawakkalnaa.

    Artinya :
    "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal."

    Doa Keluar Rumah Menurut Islam Sesuai Sunnah

    doa keluar rumah

    Saat keluar dan meninggalkan rumah pun kita perlu berdoa untuk memohon keselamatan sepanjang jalan bepergian dan meminta agar Allah SWT melindungi tempat yang ditinggalkan agar dijauhkan dari musibah, marabahaya atau tindak kejahatan lainnya.

    Adab seseorang yang beragama Islam saat keluar rumah adalah memastikan meninggalkan rumah dalam keadaan rapi, mematikan peralatan elektronik termasuk lampu apabila tidak terpakai, serta menutup dan mengunci seluruh jendela dan pintu.

    Berikut adalah doa yang dibaca pada saat keluar dari rumah atau meninggalkan rumah untuk berbagai macam urusan sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih dalam tulisan Arab serta latinnya dan juga terjemahan bahasa Indonesia singkat, ringkas dan pendek.

    بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

    Bismillaahi tawakkaltu 'alallooh laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi.

    Artinya :
    "Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah."

    Kesimpulan

    Sekian pembahasan mengenai doa masuk rumah orang, baru, lama, kosong, doa untuk rumah, kelebihan doa keluar rumah latin dan artinya, doa yang dibaca ketika memasuki rumah sebagai tamu atau meninggalkan rumah sendiri, kerabat, saudara, dan keluarga.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments