Doa Masuk dan Keluar Masjid Mushola Sesuai Sunnah

Konten []
    Runimas.com - Doa masuk dan keluar masjid mushola sesuai sunnah. Masjid atau mushola merupakan tempat ibadah umat Islam dan juga disebut dengan rumah Allah SWT. Maksudnya adalah setiap kegiatan yang berhubungan dengan-Nya dilakukan pada tempat tersebut.

    doa masuk dan keluar masjid mushola

    Masjid adalah tempat umum, maka wajib kita jaga kebersihannya, termasuk kerapihan dan wangi masjid. Msjid berukuran lebih besar sedangkan mushola biasanya hanya dapat menampung lebih sedikit jamaah.

    Masjid sebagai tempat beribadah wajib kita muliakan, salah satu caranya adalah dengan membaca doa ketika memasuki atau saat ingin keluar masjid atau mushola. Doa yang dibaca merupakan doa yang sering diajarkan ketika masih kecil pada saat kita masih di PAUD, TK atau SD.

    Keutamaan dan keistimewaan lain dari doa masuk dan keluar masjid selain untuk memuliakan tempat suci tersebut adalah untuk mejauhkan diri dari godaan syaitan meskipun syaitan sendiri sebenarnya tidak berani masuk masjid tapi mungkin kita membawa syaitan dari luar.

    Mungkin ada beberapa di antara kita yang masih kerap mengabaikan doa penting ini, padahal memiliki keutamaan dan fadhilah yang luar biasa. Karena Allah SWT sangat mencintai hamba yang memuliakan tempat tinggal-Nya.

    Maka dari itu mulai saat ini mari biasakan diri untuk mengamalkan doa singkat ini, baik saat menuju masjid untuk beribadah sholat berjamaah, sholat tarawih dan witir, jumatan, mengaji, menghadiri pengajian maupun melaksanakan kegiatan ibadah yang lain.

    Di sini kita akan membahas mengenai dua doa di dalam masjid, yaitu doa saat masuk masjid dan doa keluar dari masjid. Doa yang bersumber dari hadits shahih sesuai sunnah dan diajarkan oleh Rasulullah atau Nabi Muhammad SAW.

    Doa Masuk Masjid atau Mushola Sesuai Sunnah

    doa masuk masjid

    Doa memasuki masjid dibaca pada saat kita sudah sampai di masjid dan hendak melewati pintu  masjid. Atau doa juga dapat dibaca ketika melangkahkan kaki pertama ke masjid dari teras atau tempat parkir kendaraan.

    Adab seorang muslim saat masuk ke masjid antara lain adalah mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu, sedang dalam keadaan suci (telah wudhu terlebih dahulu), perempuan tidak sedang dalam masa haid dan mengetuk pintu terlebih dahulu apabila pintu tertutup kemudian mengucap salam.

    Berikut adalah teks lafadz bacaan doa ketika masuk masjid sesuai sunnah berdasar hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap yang pendek, singkat, ringkas dan mudah dihafal.

    افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

    A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika.

    Artinya :
    "Wahai Tuhanku, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu."

    Doa Keluar Masjid atau Mushola Sesuai Sunnah

    doa keluar masjid

    Sedangkan doa keluar masjid dibaca pada saat hendak meninggalkan masjid. Doa ini bisa dibaca pada saat keluar dari dalam ruangan ketika berada di pintu ataupun ketika melewati batas suci masjid saat hendak menggunakan sandal atau sepatu.

    Adab muslim dan muslimah ketika meninggalkan masjid adalah pastikan bahwa kita tidak mengacak-acak masjid, mengembalikan Al-Quran, kitab dan segala peralatan masjid pada posisi awalnya. Keluar dari masjid mendahulukan kaki kiri.

    Berikut adalah teks bacaan lafadz doa keluar dari masjid, meninggalkan masjid sesuai sunnah berdasar hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia secara lengkap.

    اَللّهُمَّ اِنِّيْ أسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

    A‌llahumma innii as-aluka min fadhlika.

    Artinya :
    "Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu."

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa masuk masjid atau mushola, doa masuk dan keluar masjid sesuai hadits shahih, masjidil haram sesuai sunnah, sholat keluar masjid, bacaan doa ketika memasuki atau meninggalkan masjid dan mushola tempat ibadah rumah Allah SWT.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments