Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi WC Sesuai Sunnah

Konten []
    Runimas.com - Doa masuk dan keluar kamar mandi wc sesuai sunnah. Setiap hendak memasuki atau keluar dari kamar mandi, WC, toilet, dan jamban kita harus mengawali dengan membaca doa terlebih dahulu.

    doa masuk dan keluar kamar mandi wc

    Sebagaimana seperti yang guru ajarkan ketika kita masih duduk di bangku PAUD, TK dan SD bahwa sebagai umat muslim kita harus selalu mengawali dan mengakhiri sesuatu dengan membaca doa terlebih dahulu, termasuk ketika ingin beraktifitas di kamar mandi.

    Kamar mandi sendiri merupakan tempat yang penuh najis sehingga ketika memasukinya kita akan berpindah dari tempat yang lebih suci ke tempat yang tidak lebih suci, begitupula sebaliknya ketika keluar dari kamar mandi.

    Orang masuk ke kamar mandi untuk berbagai keperluan, mulai dari mandi di pagi hari, menggosok gigi, cuci muka, kencing, BAB, berak, buang air kecil (seni), mencuci kaki sebelum tidur dan ada pula yang menjadikan toilet sebagai tempat berwudhu.

    Ada dua macam toilet atau WC, yakni yang toilet pribadi yang biasanya berada di rumah atau tempat tinggal masing-masing serta toilet atau WC umum yang biasanya ada di tempat wisata, mall, atau tempat publik lainnya.

    Membaca doa ketika hendak memasuki kamar mandi dan meninggalkan kamar mandi sangat penting. Di sini kita akan membahas mengenai bacaan doa saat ingin masuk atau keluar kamar mandi dan WC secara lengkap.

    Doa Masuk Kamar Mandi WC Sesuai Sunnah

    doa masuk kamar mandi wc toilet jamban

    Saat hendak memasuki kamar mandi kita dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu untuk meminta perlindugan Allah SWT dari godaan syaitan yang terkutuk karena syaitan menyukai tempat-tempat yang penuh najis.

    Adab seseorang ketika di kamar mandi adalah masuk dengan mendahulukan kaki kiri terlebih dahulu, membaca doa, memakai penutup aurat sebelum pintu kamar mandi ditutup, tidak berteriak, bernyanyi atau mengeluarkan suara keras kecuali dalam kondisi terdesak.

    Berikut adalah lafadz teks bacaan doa masuk kamar mandi, WC, toilet atau jamban sesuai sunnah dalam agama Islam menurut hadits shahih berdasarkan bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

    اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

    Alloohumma Innii A’uudzubka Minal Khubutsi Wal Khobaaitsi.

    Artinya :
    "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan dan kotoran."

    Doa Keluar Kamar Mandi WC Sesuai Sunnah

    doa keluar kamar mandi wc toilet jamban

    Ketika keluar dari kamar mandi kita pun harus mengucap doa kepada Allah SWT supaya usaha menyucikan diri dan membersihkan seluruh anggota tubuh dapat menjadi berkah dan membuka pintu rezeki lainnya.

    Adab seorang laki-laki atau perempuan ketika keluar meninggalkan kamar mandi adalah tidak meninggalkan sampah di dalamya, menempatkan sabun, shampoo, sikat gigi dan peralatan mandi lainnya ke tempat semula serta mengawali dengan kaki kanan terlebih dahulu.

    Berikut adalah lafadz teks bacaan doa keluar atau pergi dari kamar mandi, jamban, toilet, WC setelah bersuci sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih menurut agama Islam dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

    الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

    Alhamdulillaahil-ladzii Adz-haba ‘Annil-adzaa Wa’aafaanii.

    Artinya :
    "Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan."

    Kesimpulan

    Sekian penjelasan mengenai doa masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi sesuai sunnah, wc latin dan artinya, yang harus muslim tahu, adab berada di kamar mandi, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments