Bacaan Doa Wirid Dijauhkan Dari Sifat Iri dan Dengki

Bacaan Doa Wirid Dijauhkan Dari Sifat Iri dan Dengki
Konten []
    Runimas.com - Bacaan doa wirid dijauhkan dari sifat iri dan dengki. Iri dan dengki (hasad) adalah dua sifat tercela yang tidak boleh dilakukan siapapun, khususnya umat muslim yang percaya bahwa Allah SWT itu ada beserta dengan para malaikat pencatat amal kebaikan dan keburukan.

    doa dijauhkan dari sifat iri dengki hasad

    Mungkin sebagian orang bingung mengenai perbedaan iri dan dengki, memang keduanya memiliki kaitan yang hampir mirip, namun sebenarnya baik iri dan dengki memiliki pengertian sekaligus penjelasan yang berbeda.

    Iri berkaitan dengan sikap emosi seseorang yang tida suka melihat kesuksesan orang lain, merasa ingin agar orang yang lain tidak lebih berhasil dibanding dirinya, baik dalam hal pekerjaan, prestasi, karir, pencapaian, hubungan dengan lawan jenis dan sebagainya.

    Namun iri ada dua macam, yakni iri yang positif dan iri yang tercela. sifat iri yang positif akan melihat keberhasilan orang lain sebagai cambuk bagi dirinya sendiri untuk mengejarnya, meraih apa yang orang lain dapatkan.

    Sedangkan iri yang tercela merupakan tindakan yang dimaksudkan untuk menghilangkan nikmat orang lain, bisa dengan mencelakainya, berbuat curang, bertindak jahat, melakukan tindakan kriminal dan sebagainya. Iri tercela disebut juga dengan dengki.

    Keduanya merupakan sifat yang tidak baik dimiliki oleh manusia, namun manusia sendiri pada dasarnya memiliki sifat dasar mudah iri hati terhadap orang lain. Sifat iri yang berlebihan dapat berubah menjadi dengki (hasad).

    Untuk menjauhi sikap dan perbuatan tersebut, kita bisa memohon dan berdoa kepada Allah SWT agar dijauhkan dari sifat iri dan dengki dengan cara memmbaca dzikir, wirid atau semacamya. Di sini ada dua doa khusus agar terhindar dari sifat iri dan dengki.

    Bacaan Doa Agar Dijauhkan Dari Sifat Iri

    Doa pertama yang dapat kita lantunkan agar tidak merasa iri dengan rezeki orang lain adalah doa dari Sayid Muhammad bin Alwi Almaliki, yakni diayang dimaksudkan unuk meminta perlindungan Allah SWT agar kita dijauhkan dari segala kejahatan fitnah.

    Selain itu, kita juga meminta kepada Allah SWT supaya menyelamatkan kita dari segala bentuk bencana dan cobaan, lalu meminta agar Allah SWT menuntun kita untuk memperbaiki apa yang lahir dan batin, termasuk sikap iri yang sudah mendarah daging di dalam hati kita.

    Berikut adalah lafadz bacaan doa teks agar tidak terjerumus ke dalam sifat iri yang tidak memiliki keutamaan sama sekali berdasar hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

    اَللَّهُمَّ اعْصِمْنَا مِنْ شَرِّ اْلفِتَنِ، وَعَافِنَا مِنْ جَمِيْعِ اْلبَلَايَا وَاْلمِحَنِ، وَأَصْلِحْ مِنَّا مَا ظَهَرَ وَمَا بَطَنَ، وَنَقِّ قُلُوْبَنَا مِنَ اْلغِلِّ وَاْلحِقْدِ وَاْلحَسَدِ، وَلاَ تَجْعَلْ عَلَيْنَا تَبِعَةً لَأَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ يَا اَرْحَمَ اْلرَّاحِمِيْنَ.

    Allahumma’shimna min syarril fitani wa ‘afina min jami’il balaya wal mihani wa ashlih minna ma dzaharo wama bathona wa naqqi qulubana minal ghilli wal hiqdi wal hasadi wala taj’al ‘alaina tabi’atan li ahadin min kholqika ya arhamar rohimin.

    Artinya :
    "Ya Allah, jagalah kami dari kejahatan segala fitnah, selamatkanlah kami dari segala bencana dan cobaan, perbaikilah dari kami apa yang lahir dan yang batin, bersihkanlah hati kami dari iri serta dengki. Dan jangan jadikan kami  pengikut salah satu dari makhluk-Mu, wahai Zat yang Paling Penyayang di antara semua penyayang."

    Bacaan Doa Agar Dijauhkan Dari Sifat Dengki

    doa dijauhkan dari sifat iri dan dengki

    Yang kedua adalah doa yang sumbernya dari Al-Quran Q.S Al-Hasyr ayat 10 yang merupakan doa yang paling sering ditemukan di internet apabila kita mencari dengan kata kunci doa agar tak perlu jangan iri dengan kebahagiaan dan kehidupan orang lain.

    رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ

    Robbanagh firlanaa wa li ikhwaninaladziinaa sabaquuna bil iimaan wa laa taj’al fii qulubiinaa ghillan lil ladzinaa aamanu robbanaa rouufur roohiim .

    Artinya :
    "Ya Allah, ampunilah dosa‐dosa kami dan dosa‐dosa saudara kami yang telah mendahului kami dengan membawa iman, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang‐orang yang beriman. Ya Allah, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang."

    Kesimpulan

    Itulah dua bacaan doa agar tidak iri dan dengki, jangan iri dengan kesuksesan orang lain, dijauhkan dari orang sirik dan dengki, doa mohon dijauhkan dari penyakit hati, doa untuk orang yang iri kepada kita, cara menghilangkan iri hati menurut islam, iri dengki dalam islam dan sebagainya.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>