Doa dan Dzikir Agar Masalah Cepat Selesai

Konten []
    Runimas.com - Doa dan dzikir agar masalah cepat selesai. Setiap orang pasti memiliki permasalahan di dunia, hal tersebut wajar terjadi karena manusia tidak hidup sendiri di dunia, melainkan membutuhkan bantuan orang lain, dan setiap orang memiliki sifat dan karakter yang berbeda.

    doa dan dzikir agar masalah cepat selesai

    Namun masalah tidak hanya berkaitan dengan orang lain saja, masalah juga timbul dalam diri sendiri, misalnya masalah keperyaaan diri, tidak yakin dengan kemampuan, merasa lebih rendah dari orang lain, memiliki penyakit atau selalu takut merepotkan orang lain.

    Selain itu, masalah juga banyak muncul dengan makhluk hidup lain dan bukan makhluk hidup, seperti kehilangan barang, ekonomi, politik, mengalami kecelakaan, merusak benda atau fasilitas umum dan semacamnya.

    Ada banyak sekali macam-macam masalah yang dapat kita alami, dan kadang itu membuat kita frustasi sehingga melupakan bahwasannya tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan, karena Allah SWT tidak akan member cobaan melebihi batas kemampuan kita.

    Ketika kita merasa masalah tak kunjung selesai, masalah datang bertubi-tubi, silih berganti, merasa tidak bisa menyelesaikan masalah, maka sebaiknya berdoalah kepada Allah SWT mohon agar diselesaikan segala urusan dan masalah.

    Karena jika kita merasa jalan sudah buntu, hanya Allah SWT yang dapat memberikan kita jalan keluar atas sebah permasalahan. Dan jalan keluar tersebut bermacam-macam jenisnya, ada yang disampaikan secara lagsung dan ada pula yang tidak.

    Di sini kita akan menuliskan beberapa kalimat bacaan doa agar supaya masalah segera selesai, tidak datang kembali, terhindar dari masalah yang berat dan membuat pusing. Ada lafadz doa yang pendek dan ada pula yang panjang, berikut penjelasannya.

    Doa Pendek Agar Masalah Cepat Selesai

    doa agar masalah cepat selesai

    Doa singkat dan ringkas untuk meminta masalah segera selesai ini sangat baik dibaca ketika kita benar-benar sedang merasa pusing dan merasa tidak sanggup lagi mencari jalan keluar dari sebuah masalah yang sedang dialami.

    Tujuan atau makna dari doa ini adalah memohon ketenangan hati ketika mendapat masalah, karena saat hati kita tenang, pikiran akan lebih jernih dan bisa mengontrol emosi sehingga dapat memikirkan jalan keluar secara lebih baik.

    Berikut adalah bacaan lafadz doa ketika tertimpa masalah agar cepat selesai sesuai sunnah berdasar hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

    بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

    Bismillaahil ladzii laa yadlurru ma’as mihi syai’un fil ardli walaa fis samaa’i wahuwas samii’ul ‘aliim.

    Artinya :
    “Dengan nama Allah, dengan nama-Nya tidak akan berbahaya sesuatu yang ada di bumi maupun yang ada di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

    Dzikir Agar Masalah Cepat Selesai

    Sedangkan dzikir mohon kepada Allah SWT agar masalah cepat selesai ini merupakan doa panjang yang sangat baik dibaca setelah selesai beribadah khusus mohon petujuk dan meminta jalan keluar, seperti sesudah sholat istikharah, sholat dhuha atau sholat tahajud.

    Berikut adalah kalimat doa bacaan ketika menadapat masalah supaya segera selesai dalam bahasa Arab, latin dan terjemahannya secara panjang dan lengkap berdasar hadits shahih yang benar dan dalilnya sesuai sunnah.

    اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي، وَآمِنْ رَوْعَاتِي، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنَ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي، وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

    Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fid dun-yaa wal aakhirah. Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fi diini wa dunyaa-ya wa ahlii wa maalii. Allahummas-tur ‘au-raatii wa aamin rau-’aatii. Allahummah-fadz-nii min baini yadayya wa min khalfii wa ‘an yamiinii wa ‘an syimaalii wa min fauqii. Wa a-’uudzu bi ‘adzmatika an-ughtaala min tahtii.

    Artinya :
    "Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah! Jagalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaranMu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku."

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa agar masalah yang kita hadapi cepat selesai, doa agar terbebas dari masalah, doa menyelesaikan masalah berat dan besar, dzikir agar terhindar dari masalah hukum, pekerjaan, dilepaskan dari kesulitan, orang melupakan kesalahan kita, doa menghadapi masalah pekerjaan.

    Doa terlilit hutang, doa menghadapi masalah keuangan, keluar dari kesulitan, ketika ditimpa kesulitan, agar ditolong Allah SWT, agar orang memaafkan kesalahan kita, dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments