Bacaan Doa Agar Lingkungan Aman, Tentram, Bahagia

Bacaan Doa Agar Lingkungan Aman, Tentram, Bahagia
Konten []
    Runimas.com - Bacaan doa agar lingkungan aman, tentram, bahagia. Tinggal dan hidup di lingkungan yang aman dan tenteram adalah dambaan setiap orang, khususnya bagi keluarga yang baru saja menikah dan memutuskan untuk berpisah dengan rumah orangtua.

    doa agar lingkugan aman tentram bahagia

    Lingkungan yang aman dan tentram akan membuat hidup kita bahagia, tidak menambah beban pikiran dan rasa khawatir. Ketika hendak membeli rumah baru, sebaiknya perhatikan bagaimana lingkungan di sekitar lokasi tersebut.

    Apakah masyarakatnya patuh dan rajin beribadah, khususnya sholat berjamaah, apakah menjalankan syariat-syariat Islam, dekat dengan masjid, bebas banjir, aman dari bencana alam, tetangga yang ramah dan sopan serta banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan.

    Kondisi lingkungan sebuah tempat tinggal akan menentukan bagaimana hati bersikap, apakah kita akan meniru orang-orang di lingkungan yang buruk ataukah kita mampu mengubahnya menjadi lebih baik. Selain itu, lingkungan yang aman dan tentram juga berdampak pada kesehatan jasmani.

    Salah satu upaya untuk memiliki lingkungan yang nyaman adalah dengan berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Baik yang hendak tinggal di lingkungan baru dan yang sudah lama tinggal di satu lokasi namun masyarakat dan lingkungan sekitarnya kurang nyaman.

    Ada beberapa doa yang bisa dilafadzkan untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT supaya diberi lingkungan yang dalam kondisi aman, nyaman, tentram, enak, dan bahagia. Berikut adalah beberapa diantaranya.

    Bacaan Doa Agar Lingkungan Aman

    doa agar lingkungan aman

    Maksud dari lingkungan yang aman adalah lingkungan yang memiliki risiko terkena bencana kecil, baik bencana alam seperti banjir, tanah longsor, tsunami, gempa bumi maupun bencana yang ditimbulkan manusia seperti kecelakaan lalu lintas, pencurian dan sebagainya.

    Untuk memohon agar diberi lingkungan yang aman, kita bisa membaca surat An-Nisa ayat ke 75. Berikut adalah bacaan lafadz doa teks agar lingkungan aman dan tentram sesuai sunnah dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

    رَبَّنَا أَخْرِجْنَا مِنْ هَٰذِهِ الْقَرْيَةِ الظَّالِمِ أَهْلُهَا وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ نَصِيرًا

    Robbanaa akhrijnaa min haadzihil qoryatidz dzoolimi ahluhaa waj’al lanaa min ladunka waliyyan waj’al lanaa min ladunka nashiiroo.

    Artinya :
    "Ya Allah, keluarkanlah kami dari tempat ini yang zholim penduduknya ini, dan berilah kami pelindung dari sisi‐Mu serta berilah kami penolong dari Mu." - (QS. An‐Nisa: 75).

    Bacaan Doa Agar Lingkungan Tentram

    Lingkungan yang tentram maksudnya adalah lingkungan yang memiliki penduduk ayng ramah, mduah bergaul, supel, baik hati dan suka menolong. Dan yang paling penting adalah mayoritas beragama Islam untuk menghindari kesenjangan (kecuali bagi yang memiliki rasa toleransi tinggi).

    وَقُل رَّبِّ أَدۡخِلۡنِى مُدۡخَلَ صِدۡقٍ۬ وَأَخۡرِجۡنِى مُخۡرَجَ صِدۡقٍ۬ وَٱجۡعَل لِّى مِن لَّدُنكَ سُلۡطَـٰنً۬ا نَّصِيرً۬ا

    Artinya:
    "Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar, dan keluarkanlah pula aku secara keluar yang benar. Dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan (pemimpin) yang menolong." - (Al-Isra': 80).

    Atau bisa juga membaca bacaan lafadz doa beriktu ini.

    وَقُل رَّبِّ أَنزِلۡنِى مُنزَلاً۬ مُّبَارَكً۬ا وَأَنتَ خَيۡرُ ٱلۡمُنزِلِينَ 

    Artinya :
    "Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat."

    Bacaan Doa Agar Hidup Bahagia

    Supaya hidup bahagia, terleps dari jerat pikiran yang menyebalkan, kita bisa membaca wirid atau dzikir berikut ini. Berikut adalah doa supaya kita hidup bahagia dunia dan akhirat selamanya secara lengkap.

    اَللَّهُمَّ اجْعَلْ يَوْمَنَا هَذَا يَوْماً مُبَارَكًا أَوَّلَهُ صَلَاحًا وَ أَوْسَطُهُ فَلاَحًا وَ آخِرُهُ نَجَاحاً وَ عَفْواً وَ عِتْقاً مِنَ النَّارِوَ اجْعَلِ اللَّهُمَّ لَناَ فِيْهِ يَا اللهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا وَ مِنْ كُلِّ ضِيْقٍ مَخْرَجًا وَ مِنْ كُلِّ فَاحِشَةٍ سِتْرًا وَ مِنْ كُلِّ عُسْرِ يُسْرًا وَ مِنْ كُلِّ بَلاَءٍ عَافِيَةً وَ اكْفِنَا يَا اللهُ مِنْ مُهِمَّاتِ الدَّارَيْنِ وَ اصْرِفْ عَنَّا شَرَّ اْلمَنْزِلَتَيْنِ وَ اغْفِرْ لَنَا وَ لِوَالِدِيْنَا وَ لِسَائِرِ اْلمُسْلِمِيْنَ

    Allahummaj’al yaumana haza yauman mubarokan awwalahu sholahan wa ausathuhu falahan wa akhirohu najahan wa ‘afwan wa ‘itqon minan nari waj’alillahumma lana fihi ya allahu min kulli hammin farajan wa min kulli dhiqin makhrojan wa  min kulli fahisyatin sitron wa min kulli ‘usrin yusron wa min kulli bala-in ‘afiyatan wakfina ya allahu min muhimmatid daroin washrif ‘anna syarrol manzilatain waghfir lana wa liwalidina wa lisa-iril muslimin.

    Artinya :
    "Ya Allah, jadikanlah hari ini hari yang penuh berkah, permulaannya kesalehan, pertengahannya kemenangan, dan penghabisannya keberhasilan, ampunan dan kebebasan dari api neraka. Dan jadikanlah, Ya Allah, kelegaan bagi kami di dalamnya, wahai Allah, dari segala kesedihan, jalan keluar dari segala kesempitan, tirai penutup dari segala kekejian, kemudahan dari segala kesulitan, dan keselamatan dari segala bencana. Dan lindungilah kami, wahai Allah, dari segala keburukan dua rumah, dan palingkanlah kami dari keburukan dua tempat, ampunilah kami serta orang tua kami dan seluruh kaum Muslimin."

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai bacaan doa agar supaya lingkungan aman, tentram dan bahagia. Doa mohon keselamatan dan tempat tinggal yang cocok, bacaan doa semoga lingkungan aman dan tentram, damai, sejahtera dan lainnya.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>