Bacaan Niat Tata Cara Sholat Jamak Qashar Digabung

Konten []
    Runimas.com - Bacaan niat tata cara sholat jamak qashar digabung. Ada lima jenis sholat yang tidak boleh ditinggalkan, yang disebut dengan sholat fardhu atau sholat lima waktu. Namun Allah SWT tidak pernah menyulitkan hambanya untuk beribadah.

    niat tata cara sholat jamak qashar

    Allah SWT memberi keringanan bagi kita yang melakukan perjalanan jauh, sebagai seorang traveler boleh menggabungkan sholat atau meringkas sholat. Dua sholat yang digabung dimakana dengan sholat jamak sedangkan sholat yang diringkas dinamakan qashar.

    Perlu diingat meski keduanya berkaitan, namun baik jamak dan qashar adalah dua sholat yang berbeda. Untuk sholat yang boleh digabung adalah sholat dzuhur dengan ashar dan sholat maghrib dengan isya.

    Sedangkan sholat subuh tidak ada jamak atau qashar selain karena selisih waktunya yang jauh dengan dzuhur dan isya, sholat subuh juga hanya terdiri dari dua rakaat yang merupakan jumlah rakaat minimal dalam sholat.

    Betapa Allah SWT membuat hamba-Nya mudah untuk beribadah. Ketika ada hal yang membuat kita tidak bisa mengerjakan sholat, dan waktu untuk sholat sangat sedikit, kita boleh memadukan antara jamak dan qashar secara bersama-sama.

    Sholat jamak qashar artinya menggabungkan dua sholat sekaligus meringkasnya. Di sini kita akan membahas niat sholat jamak qashar serta tata cara melaksanakannya. Baik untuk jamak takdim (di awal) maupun takhir (di akhir).

    Niat Sholat Jamak Qashar Dzuhur dan Ashar

    Untuk sholat jamak qashar dzuhur dan ashar boleh dikerjakan pada waktu dzuhur atau waktu yang pertama disebut dengan nama jamak takdim sedangkan bila dikerjakan pada waktu ashar atau waktu yang terakhir disebut dengan jamak takhir.

    Niat adalah pondasi dari sebuah sholat. Niat menentukan apakah sholat kita sah atau tidak. Membaca niat haruslah dengan benar. Jangan sampai salah niat kadang ada yang terbalik antara membaca jamak atau qashar terlebih dahulu.

    Di sini kita akan menjelaskan bagaimana bacaan niat sholat jamak qashar dzuhur dan ashar yang benar, dalam bahasa Arab, latin dan artinya sesuai sunnah berdasar hadits shahih.

    1. Niat Sholat Jamak Qashar Dzuhur dan Ashar Takdim

    أصلي فرض الظهر جمع تقديم بالعصر قصرا ركعتين لله تعالي

    Ushallii fardhazh zhuhri rak’ataini qashran majmuu’an ilaihil ‘ashru adaa’an lillaahi ta’aalaa.

    Artinya :
    "Aku berniat shalat fardhu zhuhur 2 rakaat, qashar, dengan menjamak ashar kepadanya, karena Allah ta’ala."

    2. Niat Sholat Jamak Qashar Dzuhur dan Ashar Takhir

    أصلي فرض الظهر جمع تأخير بالعصر قصرا ركعتين لله تعالي

    Ushallii fardhal ‘ashri rak’ataini qashran majmuu’an ilazh zhuhri adaa’an lillaahi ta’aalaa.

    Artinya :
    "Aku berniat shalat fardhu ashar 2 rakaat, qashar, dengan menjamaknya kepada zhuhur, karena Allah ta’ala."

    Niat Sholat Jamak Qashar Maghrib dan Isya

    Sedangkan untuk jamak qashar sholat maghrib dan isya, tinggal ganti nama sholatnya sesuai dengan sholat fardhu yang dikerjakan, dalam hal ini sholat maghrib serta sholat isya. Bacaan niatnya tidak berbeda jauh dengan yang sebelumnya.

    Untuk niat sholat jamak qashar maghrib dan isya yang dilaksanakan pada sholat maghrib, maka nama sholat yang diucapkan terlebih dahulu adalah sholat maghrib, begitu juga dengan apabila melakukannya pada sholat isya atau sholat yang terakhir.

    Berikut ini adalah lafadz teks bacaan doa niat sholat jamak qashar maghrib dan isya yang takdim atau dikerjakan pada awal dan takhir atau yang dilaksanakan pada akhir dalam bahasa Arab beserta latinnya dan terjemahan Indonesia.

    1. Niat Sholat Jamak Qashar Maghrib dan Isya Takdim

    أصلي فرض الْمَغْرِبِ جمع تقديم باالْعِشَاءِ قصرا ركعتين لله تعالي

    Ushallii fardhazh maghribi rak’ataini qashran majmuu’an ilaihil isyaa'i adaa’an lillaahi ta’aalaa.

    Artinya :
    "Aku berniat shalat fardhu maghrib 2 rakaat, qashar, dengan menjamak isya kepadanya, karena Allah ta’ala."

    2. Niat Sholat Jamak Qashar Maghrib dan Isya Takhir

    أصلي فرض الْعِشَاءِ جمع تقديم باالْمَغْرِبِ قصرا ركعتين لله تعالي

    Ushallii fardhazh isyaa'i rak’ataini qashran majmuu’an ilaihil maghribi adaa’an lillaahi ta’aalaa.

    Artinya :
    "Aku berniat shalat fardhu isya 2 rakaat, qashar, dengan menjamak maghrib kepadanya, karena Allah ta’ala."

    Tata Cara Sholat Jamak Qashar

    Sholat jamak qashar tidak boleh dilakukan sembarangan. Pertama-tama, kita perlu memahami bahwa untuk menunaikan sholat wajib dengan cara jamak dan qashar, ada syarat-syarat yang perlu dipenuhi agar sholat ini bisa terlaksana.

    Syarat sah bagi seorang muslim atau muslimah yang ingin menjamak dan mqngqashar sholat adalah melakukan perjalanan jauh minimal sepanjang 81 km, perjalanan bukan bertujuan untuk hal negatif, dosa atau maksiat.

    Ada juga hal lain yang menyebabkan kita boleh menjalankan sholat wajib melalui cara jamak qashar ini, yakni karena adanya halangan yang membuat kita tidak bisa pergi atau bertindak seperti hujan lebat disertai angin kencang, perang, bencana alam dan lain sebagainya.

    Sedangkan untuk cara mengerjakannya adalah dengan cara sholat cukup dua rakaat saja untuk masing-masing sholat. Contohnya, jika melaksanakan sholat jamak qashar untuk maghrib dan isya, maka lakukan sholat maghrib terlebih dahulu sebanyak 2 rakaat kemudian diikuti isya dua rakaat.

    Niat yang dibaca sesuai dengan teks yang ditulis sebelumnya. Sedangkan untuk bacaan sholatnya tidak ada perbedaan, mulai dari doa iftitah, takbiratul ikhram hingga tasyahud awal dan akhir serta mengucap salam sebagai penutup sholat.

    Kesimpulan

    Sekian penjelasan mengenai niat sholat jamak qashar dzuhur dan ashar serta maghrib dengan isya, niat sholat jamak qosor, tata cara sholat jama, sholat yang boleh dijamak dan diqashar, sholat maghrib ditarik ke isya.

    Jamak takhir mana yang didahulukan, jumlah rakaat sholat jamak, dalil, sholat qashar adalah, ketentuan, panduan, penjelasan, lengkap dengan gambar, mudik lebaran, traveling, liburan, pulang kampung, idul fitri, idul adha dan sebagainya.

    Baca :