Bacaan Niat Sholat Fajar 2 Rakaat dan Keutamaannya

Konten []
    Runimas.com - Bacaan niat sholat fajar 2 rakaat dan rahasianya. Ketika terbangun pada malam hari, dan kebetulan sudah mau masuk waktu sholat subuh, sebaiknya jangan tidur kembali, melainkan laksanakan sholat sunnah fajar sebanyak dua rakaat sebelum subuh.

    sholat fajar

    Sholat sunnah fajar merupakan qabliyah, yakni sholat sunnah yang dikerjakan sebelum sholat lima waktu, dalam hal ini adalah subuh. Setiap muslim sangat dianjurkan untuk mengamalkan ibadah ini karena sarat akan nilai pahala.

    Bahkan Nabi Muhammad SAW pun tidak pernah meninggalkan amalan sholat sunnah fajar karena nilai pahalanya begitu besar. Maka sudah selayaknya sholat sunnat ini mendapat perhatian oleh seorang hamba yang rindu ridha Allah SWT.

    Di sini kita akan menjelaskan mengenai ibadah yang penuh keistimewaan tersebut. Meliputi bacaan niat, tata cara menunaikan, rahasia serta manfaat yang diperoleh, dan masih banyak lagi yang lainnya. Silahkan disimak.

    Bacaan Doa Niat Sholat Fajar

    niat sholat fajar

    Dalam setiap ibadah pasti diawali dengan niat, termasuk ketika mau mengerjakan sholat fajar, juga harus didahului dengan membaca niat. Sholat fajar dilakukan sendiri-sendiri atau munfarid dan dilaksanakan sebanyak maksimal 2 rakaat.

    Niat adalah tiangnya ibadah, dalam sholat, niat menentukan apakah hati kita telah sepenuhnya bersungguh-sungguh atau tidak. Niat juga menentukan apakah amalan ibadah kita diterima sebagai pahala atau tidak.

    Karena itu, dalam mengucap niat sholat fajar sudah selayaknya dilafadzkan dengan sungguh-sungguh, dari hati yang paling dalam membaca niat semata-mata untuk beribadah kepada Allah, mengharap ridha-Nya. Lillahi Ta'aala.

    Berikut adalah teks, lafadz, tulisan bacaan doa niat sholat fajar dua rakaat bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

    أُصَلِّى سُنَّةَ الْفَجْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

    Ushalli sunnatal-fajri rak’ataini lillahi ta’ala.

    Artinya :
    "Saya niat shalat sunah Fajar dua rakaat, karena Allah Taala."

    Tata Cara Sholat Fajar

    Sebelum mengerjakan sholat fajar, seorang muslim dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu. Setelah itu kemudian ambil sarung dan peci untuk laki-laki dan mukena untuk perempuan lalu mengerjakan sholat sunnah fajar di rumah.

    Setelah selesai, barulah berangkat ke masjid atau mushola untuk menunaikan ibadah sholat subuh berjamaah. Barang siapa menunaikan sholat fardhu secara bersama-sama, maka pahalanya akan dilipatgandakan sebanyak 27 derajat.

    Sholat fajar dikerjakan sebelum subuh, yakni pada saat adzan belum berkumandang jika di Indonesia, subuh mulai kurang lebih sekitar pukul setengah lima jadi karena itu, sholat fajar sebaiknya dikerjakan antara jam 4 sampai setengah lima.

    Cara mengerjakan sholat fajar sama seperti sholat sunnah atau wajib pada umumnya. Bedanya hanya terletak pada bacaan niatnya saja. Untuk bacaan suratnya sebaiknya yang pendek (makkiyah) karena sholat fajar ini dianjurkan dikerjakan secara ringkas atau cepat.

    Berikut adalah langkah-langkah cara menjalankan ibadah sholat sunnah fajar mulai dari melafalkan niat hingga terkahir yakni mengucapkan salam.
    • Pertama adalah membaca doa niat sholat fajar.
    • Kemudian membaca takbiratul ikhram diteruskan dengan doa iftitah.
    • Selanjutnya membaca doa surat Al-Fatihah dan surat pendek.
    • Kemudian ruku' disertai dengan doa.
    • Berdiri kembali untuk i'tidal sambil membaca doa.
    • Setelah itu, lakukan sujud sebanyak dua kali diselingi duduk di antara dua sujud (iftirasy).
    • Berdiri kembali untuk melaksanakan rakaat kedua dari membaca Al-Fatihah sampai sujud kedua.
    • Setelah sujud kedua pada rakaat kedua, diteruskan dengan membaca tasyahud awal dan akhir.
    • Pada saat tasyahud akhir, dalam posisi duduk, jari telunjuk kanan di acungkan ke depan menghadap kiblat.
    • Terakhir sebagai penutup adalah membaca doa salam sembari menolehkan wajah ke kanan dan ke kiri.

    Bagi yang belum tahu bacaan doa sholat pada setiap gerakan, silahkan baca doa sholat terlebih dahulu agar tata cara mengerjakan sholat fajar ini lebih mudah dipahami.

    Rahasia dan Keutamaan Sholat Fajar

    Ada rahasia yang diungkapkan oleh para Sahabat Nabi melalui beberapa hadits. Rahasia yang dimaksud adalah bacaan doa surat pendek yang kerap dibaca Rasulullah SAW saat mengerjakan sholat fajar. Berikut ketiga haditsnya.

    أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَرَأَ فِي رَكْعَتَيْ الْفَجْرِ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ وَقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ

    Artinya :
    "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca dalam dua rakaat shalat sunnah subuh surat Al Kafirun dan surat Al Ikhlas." (H.R Muslim 726).

    أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ فِي رَكْعَتَيْ الْفَجْرِ فِي الْأُولَى مِنْهُمَا قُولُوا آمَنَّا بِاللَّهِ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْنَا الْآيَةَ الَّتِي فِي الْبَقَرَةِ وَفِي الْآخِرَةِ مِنْهُمَا آمَنَّا بِاللَّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ

    Artinya :
    "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam dua rakaat shalat sunnah subuh membaca ayat قُولُواْ آمَنَّا بِاللّهِ وَمَا أُنزِلَ إِلَيْنَا (Al Baqarah 136) pada rakaat pertama dan membaca آمَنَّا بِاللّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ (Ali Imran 52) pada rakaat kedua." ( HR. Muslim 727).

    عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي رَكْعَتَيْ الْفَجْرِ قُولُوا آمَنَّا بِاللَّهِ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْنَا وَالَّتِي فِي آلِ عِمْرَانَ تَعَالَوْا إِلَى كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ

    Artinya :
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam dua rakaat shalat sunnah subuh membaca firman Allah قُولُواْ آمَنَّا بِاللّهِ وَمَا أُنزِلَ إِلَيْنَا (Al Baqarah 136) dan membaca تَعَالَوْا إِلَى كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ (Ali Imran 64)." (HR. Muslim 728).

    Dari penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa bacaan surat yang kerap dibaca pada saat sholat sunnah subuh (fajar) adalah Al-Kafirun, Al-Ikhlas, Al Baqarah ayat 136 dan Ali Imran ayar 64. Bisa kita jadikan referensi.

    Sholat sunnah fajar memiliki banyak sekali faedah atau fadhilah, sebagaimana penjelasan berbagai hadits yang menyebut bahwa Baginda Rasul tidak pernah meninggalkan sholat ini, maka dapat dipastikan hikmahnya memang luar biasa. Berikut adalah beberapa keutamaan atau keajaiban sholat sunnah fajar.
    • Sebagai penghapus dosa.
    • Dijauhkan dari siksa api neraka.
    • Memudahkan mendapatkan rezeki.
    • Dibangunkan rumah di surga Allah.
    • Diberikan cahaya penerang ketika kiamat.
    • Dicintai dan dilindungi oleh Tuhan YME.
    • Menyegarkan pikiran.
    • Sebagai amalan sebelum sholat subuh dua rakaat.

    Dan masih banyak lagi keutamaan atau khasiat sholat sunnah fajar yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

    Kesimpulan

    Itulah dia niat sholat sunnah fajar, bacaan surat pada setiap rakaat, keutamaan, manfaat, rahasia, fadhilah, faedah, sholat sebelum adzan subuh, perbedaan shalat fajar dan shalat qabliyah subuh, batas waktu, 2 rakaat dan sebagainya.

    Baca :