Bacaan dan Pelaksanaan Sholat Arbain Ibadah Haji

Bacaan dan Pelaksanaan Sholat Arbain Ibadah Haji
Konten []
    Runimas.com - Bacaan niat dan pelaksanaan sholat arbain ibadah haji. Mungkin bagi orang awam masih banyak yang belum mengenal sholat arbain, namun bagi jamaah haji, sholat ini merupakan ibadah yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Madinah.

    sholat awwabin

    Sholat arbain adalah sholat wajib 40 kali atau berturut-turut dan tidak boleh tertinggal dai takbiratul ikhram oleh imam. Tidak jauh berbeda dengan sholat tarawih, namun sholat ini dilakukan 2 kali lebih banyak sehingga memakan waktu lebih lama.

    Oleh karena durasi sholat arbain cukup lama, maka kita perlu menjaga kesehatan agar kondisi tubuh fit dan tidak mudah capek serta tidak melewatkan satu rakaat sholat arbain pun. Karena jika kita ketinggalan satu kali takbiratul ihram saja, sholat harus dimulai dari awal.

    Sholat arbain dikerjakan di masjidil haram di kota Madinah. Merupakan salah satu rangkaian ibadah haji yang kerap dilakukan jamaah Indonesia ketika berkunjung ke kota tersebut selama 8 sampai 9 hari. Bahkan ada yang mengatakan ibadah haji kurang afdol bila tidak menuaikan sholat sunnah ini.

    Namun perlu diketahui bahwa sholat arbain hukumnya sunnah. Bahkan tidak termasuk syarat sah dan wajib haji, namun mengenai keutamaannya, Rasulullah SAW sangat menganjurkan. Hal tersebut sesuai dengan yang tercantum pada hadits berikut ini.

    مَنْ صَلَّى فِي مَسْجِدِي أَرْبَعِينَ صَلاةً، لاَ يَفُوتُهُ صَلاةٌ، كُتِبَتْ لَهُ بَرَاءَةٌ مِنَ النَّارِ، وَنَجَاةٌ مِنَ الْعَذَابِ، وَبَرِئَ مِنَ النِّفَاقِ

    Artinya :
    "Barang siapa shalat di masjidku empatpuluh shalat tanpa ketinggalan sekalipun, dicatatkan baginya kebebasan dari neraka, keselamatan dari siksaan dan ia bebas dari kemunafikan."

    Bacaan dan Niat Sholat Arbain

    Pada dasarnya, sholat arbain ialah mengerjakan sholat wajib lima waktu selama 40 kali berturut-turut di masjidil haram, salah satu masjid terbesar umat Islam di seluruh dunia. Maka dari itu, kita membutuhkan waktu setidaknya 8 hari untuk menyelesaikannya.

    Untuk bacaan doa sholat arbain disamakan dengan shola fardhu, mulai dari membaca niat, takbiratul ihram, doa iftitah, surat al-fatihah, surat pendek al-quran, ruku, i'tidal, sujud, iftirasy atau duduk diantara dua sujud, tasyahud awal dan akhir hingga mengucap salam penutup.

    Bila Anda masih belum tahu bacaan sholat, karena masih belajar atau sebagainya, Anda bisa membaca artikel yang pernah kami buat pada halaman bacaan doa sholat arab dan terjemahan lengkap.

    Sedangkan untuk niatnya disesuaikan dengan niat sholat wajib itu sendiri. Berikut adalah bacaan niat sholat lima waktu meliputi subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya.

    Tata Cara Pelaksanaan Sholat Arbain

    Tata cara mengerjakan sholat arbain disamakan dengan panduan atau tuntunan melaksanakan sholat wajib, yakni pertama-tama mulai membaca niat terlebih dahulu, kemudian diteruskan dengan membaca takbiratul ikhram dan lalu membaca doa iftitah sesuai keyakinan masing-masing.

    Setelah iftitah atau bacaan kabiro lalu dilanjutkan dengan membaca dua surat dalam al-quran yakn surat al-fatihah dan salah saut surat pendek al-quran. Selanjutnya diteruskan dengan melakukan ruku'' sambil membaca doa, i'tidal, sujud dan duduk diantara dua sujud sambil membaca doa.

    Sholat berakhir jika seluruh rakaat sholat wajib telah dipenuhi. Sholat fardhu atau arbain dirampungkan dengna cara duduk sambil membaca doa tasyahud awal dan akhir kemudian diakhiri dengan membaca salam.

    Waktu Mengerjakan Sholat Arbain

    Waktu untuk menunaikan sholat arbain atau sholat fardhu sebanyak 40 kali tanpa putus disesuaikan dengan waktu pelaksanaan masing-masing sholat wajib tersebut. Berikut adalah penjelasannya secara ringkas.
    • Sholat subuh dikerjakan ketika fajar mulai terbit hingga matahari telah menampakkan dirinya.
    • Sholat dzuhur dilaksanakan pada saat matahari baru tergelincir dari atas kepala kita.
    • Sholat ashar dilakukan ketika matahari mulai turun yakni sekitar pukul 3 sore.
    • Sholat maghrib ditunaikan saat matahari benar-benar telah hilang dari pandangna kita, matahari telah tenggelam sempurna.
    • Sholat isya dilakukan ketika hari mulai malam, yakni sekitar 1 jam setelah sholat maghrib.

    Kesimpulan

    Itulah pengertian dan penjaleasan tata cara sholat arbain, dasar hukum ibadah shalat arbain, keutamaan sholat di masjidil haram, hukum, dalil, shahih, manfaat, keutamaan, fadhilah, faedah, khasiat dan keistimewaannya.

    Maka dari itu bila kondisi fisik memungkinkan, sebaiknya jangan lewatkan jenis ibadah sholat arbain. Karena bagaimanapun arbain dilakukan secara berjamaah maka dari itu Allah SWT akan meningkatkan pahala menjadi 27 kali lipat.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>