Niat Tata Cara Sholat Qabliyah Subuh Dzuhur Ashar Maghrib Isya

Konten []
    Runimas.com - Niat tata cara sholat qabliyah subuh dzuhur ashar maghrib isya. Salah satu dari sholat sunnah rawatib adalah qabliyah yang artinya sebelum. Sholat qobliyah dikerjakan sebelum sholat fardhu lima waktu.

    niat sholat qabliyah subuh dzuhur ashar maghrib isya

    Sholat ini hukumnya sunnah, namun tingkatan sunnahnya berbeda-beda untuk masing-masing qabliyah sholat lima waktu. Ada yang hukumnya sunnah muakkad alias sunnah yang begitu dianjurkan dan ada pula yang sunnah ghairu muakkad yang biasa-biasa saja.

    Meskipun ghairu muakkad, apabila mengerjakannya maka kita akan mendapat berkah dan keistimewaan dari-Nya, apalagi bila menunaikan sholat sunnah qabliyah yang muakkad, tidak dapat dibayangkan berapa keistimewaan yang akan kita peroleh.

    Selain itu, sholat qabliyah ini juga merupakan pelengkap dari sholat wajib. Yang artinya, jika mengerjakan sholat wajib saja pahalanya sangat banyak, bisa dibayangkan berapa pahala yang kita dapat bila mengejar kesempurnaanya?

    Sungguh Allah SWT adalah Tuhan Semesta Alam yang sangat mulia. Dia memberikan banyak kesempatan kepada kita untuk mendulang pahala, supaya agar kelak saat penimbangan amal kebaikan, timbangan amal baik kita lebih berat dibanding dosa.

    Pada kesempatan ini kita akan membahas bacaan niat sholat sunnah qabliyah mulai dari subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya. Selain itu kita juga akan membahas cara mengerjakannya sesuai panduan dan tuntunan sholat sunnah.

    Bacaan Niat Sholat Sunnah Qabliyah

    Niat adalah pondasi dari sebuah ibadah. Apabila dibangun dengan niat yang lemah, maka ibadah akan mudah goyah dan kemudian runtuh. Sebaliknya jika dibangun dengan pondasi yang kokoh, maka sebanyak apapun ujian yang dihadapi, akan bisa dilewati dengan mudah.

    Maka dari itu dalam membaca niat shalat sunnah qabliyah haruslah dilafalkan dengan sungguh-sungguh. Katakanlah niat dengan membacanya dari dalam hati dan untuk mengharap ridha dari Allah SWT. Berikut adalah teks bacaan nait sholat qabliyah dan terjemahannya.

    1. Niat Sholat Sunnah Qabliyah Subuh

    Mengerjakan sholat dua rakaat sebelum sholat subuh hukumnya sunnah muakkad, yakni amat dianjurkan. Maka sayang sekali apabila kita melewatinya. Berikut adalah doa niat sholat qabliyah subuh.

    اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

    Usholli sunnatash-shubhi rok'ataini qobliyyatan mustaqbilal qiblati lillahi ta'aala.

    Artinya :
    "Saya niat shalat sunnah sebelum subuh dua rakaat, dengan menghadap kiblat karena Allah ta'ala."

    2. Niat Sholat Sunnah Qabliyah Dzuhur

    Qabliyah dzuhur juga merupakan salah satu sholat rawatib yang begitu dianjurkan untuk dilaksanakan. Berikut adalah lafadz niat sholat qabliyah dzuhur dan artinya.

    اُصَلِّى سُنَّةً الظُّهْرِرَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

    Usholli sunnatazh-zhuhri rok'ataini qobliyyatan mustaqbilal qiblati lillaahi ta'ala.

    Artinya :
    "Saya niat shalat sunnah sebelum dzuhur dua rakaat, dengan menghadap kiblat karena Allah ta'ala."

    3. Niat Sholat Sunnah Qabliyah Ashar

    Untuk sholat sunnah 2 rakaat sebelum ashar tidak begitu dianjurkan, namun bagi yang melakukan pasti akan mendapat pahala. Berikut adalah niat sholat qabliyah ashar tulisan arab dan latin.

    اُصَلِّى سُنَّةً العَصْرِرَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

    Usholli sunnatazh-ashri rok'ataini qobliyyatan mustaqbilal qiblati lillaahi ta'ala.

    Artinya :
    "Saya niat shalat sunnah sebelum ashar dua rakaat, dengan menghadap kiblat karena Allah ta'ala."

    4. Niat Sholat Sunnah Qabliyah Maghrib

    Karena waktu yang sangat singkat dan merupakan jam-jam sibuk. Seorang muslim tidak begitu dianjurkan untuk melaksanakan sholat ini. Maka dari itu sholat ini termasuk ghairu muakkad. Berikut adalah bacaan niat sholat qabliyah maghrib.

    اُصَلِّى سُنَّةً المَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

    Usholli sunnatazh-maghribi rok'ataini qobliyyatan mustaqbilal qiblati lillaahi ta'ala.

    Artinya :
    "Saya niat shalat sunnah sebelum maghrib dua rakaat, dengan menghadap kiblat karena Allah ta'ala."

    5. Niat Sholat Sunnah Qabliyah Isya

    Terakhir adalah niat sholat sunnah qabliyah isya, yang merupakan ibadah pelengkap untuk sholat isya di waktu malam hari. Berikut tulisan arab, latin dan terjemahan Indonesia.

    اُصَلِّى سُنَّةً العِشَاء رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

    Usholli sunnatazh-isyaai rok'ataini qobliyyatan mustaqbilal qiblati lillaahi ta'ala.

    Artinya :
    "Saya niat shalat sunnah sebelum isha dua rakaat, dengan menghadap kiblat karena Allah ta'ala."

    Tata Cara Mengerjakan Sholat Sunnah Qabliyah

    Sholat sunnah qabliyah dikerjakan dua rakaat, baik ghairu muakkad maupun muakkad. Namun ada pengecualian untuk sholat sunnah qabliyah dzuhur, boleh dilaksanakan sebanyak 4 rakaat dengan dua kali salam.

    Tapi, rata-rata umat muslim di Indonesia hanya mengerjakan dua rakaat saja mengingat sholat sunnah qabliyah dikerjakan setelah adzan berkumandang sedangkan jeda waktu antara adzan dan iqamah sangatlah singkat.

    Kecuali jika melaksanakannya tidak di masjid, melainkan sendirian di rumah atau munfarid, mungkin akan ada banyak waktu lebih sehingga kita dapat mengerjakan sholat sunnah qablliyah dzuhur empat rakaat.

    Sholat ini hukumnya sunnah dan tidak boleh dikerjakan berjamaah seperti sholat lima waktu. Maka dari itu ketika membaca surat Al-fatihah dan salah satu surat pendek dalam Al-Quran harus dibaca secara pelan dari dalam hati.

    Surat yang dibaca ketika mengerjakan sholat sunnah ini adalah suratan pendek (Makkiyah). Hal ini dilakukan untuk menyingkat waktu karena sepeti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa selisih waktu antara adzan hingga iqamah sangatlah singkat, hanya sekitar 5 menit saja.

    Bagi yang mengerjakan sholat qabliyah yang penuh keutamaan ini, maka akan mendapat banyak-banyak faedah, fadhilah, khasiat, hikmah dan berkah yang datangnya langsung dari Allah SWT, salah satunya adalah dibuatkan rumah di surga.

    Secara garis umum, berikut adalah tata cara melaksanakan, panduan, tuntunan, cara menunaikan ibadah sholat sunnah qabliyah lengkap.
    • Pertama yaitu membaca doa niat sholat terlebih dahulu.
    • Kemudian membaca takbiratul ikhram dan doa iftitah.
    • Selanjutnya membaca surat Al-Fatihah dan satu surat pendek.
    • Melakukan ruku' dan membaca doa.
    • Melaksanakan i'tidal sambil mengucap doa.
    • Sujud sebanyak dua kali dengan melafalkan doa.
    • Duduk diantara dua sujud atau iftirasy kemudian baca doa.
    • Bangkit untuk melaksanakan rakaat kedua.
    • Setelah sujud kedua di rakaat kedua, dilanjutkan dengan gerakan duduk sambil membaca doa tasyahud awal dan akhir.
    • Kemudian sholat qabliyah diakhiri dengan membaca dua kali salam.

    Kesimpulan

    Itulah niat sholat qabliyah doc, pdf, tulisan teks, download gambar, poster, desain niat sholat dua rakaat sebelum sholat fardhu, wajib, lima waktu. Mari sama-sama menunaikan sholat sunnah yang sangat mulia ini.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments