Niat Tata Cara Waktu Sholat Witir 3 Rakaat Sesuai Sunnah

Konten []
    Runimas.com - Niat tata cara waktu sholat witir 3 rakaat sesuai sunnah. Sholat witir adalah salah satu ibadah sholat sunnah yang hanya dapat dikerjakan pada bulan Ramadhan sebagai salah satu amalan untuk mendapat pahala.

    sholat witir

    Sholat witir dikerjakan sebanyak 3 rakaat dengan satu kali salam setelah sholat tarawih pada malam hari bulan suci Ramadhan. Allah SWT berjanji menggandakan pahala siapa saja yang membuat amalan pada bulan puasa yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan.

    Allah Ta'ala juga akan membukakan pintu surga selebar-lebarnya dan menutup pintu neraka serapat-rapatnya agar syaitan tidak dapat mengganggu. Selain itu sesuai janji Allah barangsiapa menunaikan sholat berjamaah maka pahalanya dikali 27 derajat.

    Bayangkan berapa jumlah pahala yang kita dapat jika mengerjakan 3 rakaat sholat witir dalam satu malam, sudah dilipatgandakan masih juga dikali 27 derajat, itu baru sehari, bagiamana jika sudah 30 hari? Subhanallah. Sungguh mulia Allah SWT memberi kita kesempatan untuk beribadah melalui shalat witir.

    Sangat disayangkan apabila kita melewatkan satu hari saja tanpa ibadah sholat tarawih dan witir. Padahal di belahan dunia lain ada manusia dengna segala keterbatasan fisiknya berusaha sekuat tenaga menuju masjid atau mushola untuk menunaikannya. Maka dari itulah, kerjakan sholat witir, berikut tata caranya.

    Bacaan Doa Niat Sholat Witir Tiga Rakaat

    Pertama adalah membaca doa untuk niat sholat witir tiga rakaat. Terdapat sedikit perbedaan untuk bacaan niat sholat witir bagi imam dan makmum. Selain itu shalat witir juga dapat dikerjakan sendirian meski pahalanya berkurang.

    Berikut adalah lafadz atau tulisan niat sholat witir bagi yang mengerjakan sendirian (munfarid), untuk imam dan makmum yang shalat berjamaah. Doa niat shalat witir dalam bahasa arab, latin dan terjemahan Indonesia.

    a. Niat Sholat Witir Sendiri

    أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ لِلَّهِ تَعَالَى

    Usholli sunnatal witri tslatsa roka’aatin lillahi ta’aalaa.

    Artinya :
    "Aku niat sholat sunnah witir tiga rakaat karena Allah Ta’ala."

    b. Niat Sholat Witir Imam

    اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

    Ushallii sunnatat-taraawiihi tsalatsa roka'aatin mustaqbilal qiblati imaaman lillahi ta'alaa.

    Artinya :
    "Aku niat Shalat sunnah tarawih tiga rakaat menghadap kiblat menjadi imam karena Allah Ta’ala."

    c. Niat Sholat Witir Makmum

    ُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

    Usholli sunnatat-taraawiihi tsalasa roka'aati mustaqbilal qiblati ma'muuman lillaahi ta'alaa.

    Artinya :
    "Saya niat salat sunah tarawih tiga rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta'ala."

    Tata Cara Mengerjakan Sholat Witir 3 Rakaat

    Solat witir adalah ibadah sholat yang rakaatnya ganjil. Dalam mengerjakan shalat witir 3 rakaat maka boleh dilakukan dengan 2+1 rakaat dengan 2 kali salam atau 3 rokaat sekaligus dengan 1 kali salam. Untuk niat salat witir yang disebutkan di atas adalah bacaan untuk sholat tiga rakaat sekaligus.

    Jika kita cari di mesin pencari Google maka banyak pertanyaan apakah boleh shalat witir tiga rakaat sekaligus? Kita tidak akan membahas ini karena memungkinkan memicu perdebatan. Ibadah bukan dimaksudkan untuk menentukan mana yang benar dan yang salah.

    Jalani ibadah sesuai keyakinan masing-masing dari dalam hati. Yang penting tunaikan dengan ikhlas dan hanya untuk mengharap ridha dari Allah SWT. Insyaallah, Tuhan akan menempatkan kita sejajar dengan orang-orang yang beriman. Aamin.

    Kembali kepada tata cara melaksakanan sholat witir tiga rakaat. Biasanya sebelum witir diadakan ceramah singkat atau kultum untuk istirahat setelah menjalani ibadah sholat tarawih 20 rakaat tanpa henti.

    Ceramah atau kultum biasanya berlangsung sekitar 7-10 menit kemudian setelah tenaga terisi kembali baru ibadah diteruskan dengan sholat witir yang tiga rakaat boleh, 2 + 1 rokaat juga boleh. Berikut adalah praktek tata cara shalat witir 3 rakaat langsung secara lengkap.
    • Pertama membaca doa niat sholat witir.
    • Membaca takbiratul ikhram "Allahu Akbar".
    • Membaca surat Al-fatihah.
    • Membaca surat pendek, biasanya pada rakaat pertama Surat An-Nas, pada rakaat kedua Surat Al-Lahab dan pada rakaat terakhir sekaligus membaca 3 surat yakni Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas yang merupakan 5 surat terakhir dalam Al-Quran.
    • Melakukan ruku' sambil membaca doa.
    • Melakukan i'tidal sambil membaca doa.
    • Melakukan sujud dua kali diselingi duduk diantara dua sujud (iftirasy) sambil membaca doa.
    • Duduk sambil membaca doa tahiyatul awal dan akhir saat rakaat ketiga.
    • Mengakhirinya dengan membaca salam.

    Bagi yang ingin mempelajari lebih lanjut bacaan-bacaan dalam sholat silhkan kunjungi bacaan doa sholat.

    Waktu dan Jam Sholat Witir 3 Rakaat

    Ibadah sholat witir dikerjakan setelah selesai sholat tarawih pada malam hari (setelah sholat isya) sekitar jam 8 atau 9 malam. Salat witir boleh dikejakan sendiri maupun berjamaah di masjid atau mushola. Jika mengerjakan sendiri maka tidak boleh lebih dari waktu yang ditentukan.

    Batas akhir mengerjakan shalat witir adalah sebelum terbit fajar atau sebelum masuk waktu sholat subuh meski sebenarnya tidak dianjurkan untuk melaksanakannya pada saat sahur maupun menjelang waktu imsak atau waktu berpuasa.

    Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa menjalankan sholat witir di luar waktu yang ditentukan maka hukumnya mubah. Untuk Rasulullah SAW sendiri menjalankan salat witir pada akhir malam sebelum tidur.