Doa Manfaat Tata Cara Waktu Sholat Taubat yang Shahih

Konten []
    Runimas.com - Doa manfaat tata cara waktu sholat taubat yang shahih. Saat melakukan kesalahan yang berujung dosa, seorang muslim harus memohon ampun kepada korban dan juga kepada Allah SWT.

    sholat taubat

    Karena jika tidak, dosa akan terus mengalir sampai hari kiamat dan itu menyebabkan timbangan amal perbuatan buruk kita akan lebih berat. Memohon ampun kepada Allah SWT sangatlah gampang, cukup mengucapkan kalimat istighfar maka kita sudah bisa dikatakan bertaubat kepada-Nya.

    Namun dalam pengucapannya tidak boleh asal-asalan, jangan buat main-main dan setelah selesai pun, ada hal yang masih perlu kita lakukan. Yaitu berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan dosa yang sama. Itulah inti dari taubat nasuha.

    Manusia memang tempatnya salah dan dosa maka dari itu sangat sulit bagi kita untuk menghindarinya. Yang dapat kita lakukan adalah mencegah agar dosa yang kita peroleh menjadi seminimal mungkin sehingga amal perbuatan baik kita tetap lebih banyak.

    Sholat taubat atau tobat, disebut juga sholat istighfar adalah salah satu cara meminta ampun kepada-Nya secara sungguh-sungguh. Bagi yang melaksanakannya maka secara resmi telah mendeklarasikan diri untuk tidak kembali jatuh pada lubang kegelapan untuk berbuat dosa yang sama.

    Apa saja sih, faedah atau fadhilah dari sholat taubat? Kemudian bagaimana teks bacaan niatnya, waktu mengerjakannya dari jam berapa sampai kapan, dan yang terakhir, doa yang dibacakan sesudah selesai sholat tauba? Di sini kita akan bahas secara lengkap.

    Manfaat dan Keutamaan Sholat Taubat

    Pertama adalah manfaat dan keutamaan. Manusia memang makhluk yang memiliki sifat timbal balik. Bila melakukan sesuatu maka harus mendapat sesuatu pula. Termasuk dalam beribadah. Namun jangan berharap sesuatu yang berlebihan.

    Laksanakanlah sholat sunnah hanya untuk mengharap ridha dari Allah SWT. Jangan berharap untuk mendapat imbalan dari apa yang dikerjakan. Jika hanya berharap ridha-Nya dan melaksanakan sholat secara ikhlas dan sungguh-sungguh, maka Allah SWT akan senang hati memberikan berkah dan hikmah antara lain:
    • Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa yang pernah diperbuat sebelumnya.
    • Allah SWT menjanjikan surga yang kekal bagi mereka pelaksana sholat mohon ampun secara istiqamah.
    • Meringankan timbangan amal perbuatan buruk dan memberatkan timbangan amal perbuatan baiknya.

    Dan masih banyak lagi keutamaan dari melaksanakan sholat taubat. Intinya, Allah SWT akan memberikan ganjaran setimpal bagi mereka yang ikhlas, sepenuh hati dan benar-benar mengerjakan sholat taubat dengan sungguh-sungguh serta meminta ampun kepada-Nya.

    Maka dari itu, setidaknya, lakukanlah sholat taubat nasuha sekali dalam seumur hidup. Seperti halnya sholat tasbih yang juga memiliki keutamaan atau keistimewaan yang sangat luar biasa dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

    Niat Sholat Taubat Sendiri

    niat sholat taubat

    Sholat taubat dikerjakan sendiri-sendiri atau munfarid. Tidak secara bersama-sama atau berjamaan. Maka dari itu, sholat ini bisa dilakukan di rumah, mushola atau masjid baik ketika sedang sepi maupun ramai, asal tetap fokus dalam membaca setiap rangkaian doa.

    Jumlah rakaat sholat taubat adalah 2, 4, atau 6. Untuk mengerjakan sholat taubat empat dan enam rakaat dilakukan dengan cara mengucapkan salam setiap 2 rakaat sekali. Secara umum, bacaan niatnya sama seperti niat sholat sunnah pada umumnya.

    Berikut adalah teks, lafadz, bacaan, doa niat sholat taubat sendiri dalam tulisan Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia. Niat ini khusus untuk yang menunaikan sholat taubat dua rakaat.

    أصلي سنة التوبة ركعتين لله تعالي

    Ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala.

    Artinya :
    "Saya niat shalat sunnah taubat dua rokaat karena Allah."

    Jika ingin mengerjakan sholat taubat empat rakaat, maka setelah selesai salam pada rakaat kedua, seseorang diharuskan langsung berdiri tanpa jeda, tanpa mengucap kalimat apapun kecuali kembali membaca niat yang sama dan mengulangi sholat dari awal sampai akhir.

    Tata Cara Mengerjakan Sholat Taubat

    Sholat taubat secara umum dikerjakan sama seperti sholat sunnah lain. Anda bisa mencontoh cara melaksanakan sholat tahajud atau sholat istikharah yang lebih familiar karena memiliki gerakan dan bacaan sholat yang sama.

    Berikut adalah gerakan atau tata cara melakukan sholat taubat dua rakaat sesuai sunnah dan hadits yang shahih yang diriwayatkan oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW.
    • Pertama adalah membaca doa niat sholat seperti yang sudah disebutkan di atas.
    • Kemudian membaca allhu akbar (kalimat takbiratul ikhram) dan dua surat pendek Al-Quran.
    • Lalu melaksanakan ruku' sambil membaca doa.
    • Kemudian berdiri tegak kembali dan membaca doa (gerakan i'tidal).
    • Setelah itu, sujud sebanyak dua kali dan ambil posisi duduk di antara kedua gerajakn sujud (iftirasy).
    • Pada rakaat kedua atau terakhir, bacalah tahiyatul awal dan akhir.
    • Setelah selesai, ucapkan salam dengan menolehkan kepala condong ke kanan kemudian ke kiri.

    Setelah selesai sholat, baik sesudah rakaat kedua, empat atau enam, kita dapat melanjutkan amalan dengan membaca doa dzikir atau wirid pasca sholat taubat yang tujuannya adalah untuk bertaubat dan memohon ampun atas dosa yang dilakukan.

    Doa Setelah Selesai Sholat Taubat

    Berikut adalah teks, lafadz atau bacaan doa sesudah sholat taubat dalam tulisan Arab, latin dan terjemahan Indonesia beserta artinya lengkap dan panjang.

    اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ

    Artinya :
    "Ya Allah sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu Taufiq(pertolongan)nya orang-orang yang mendapatkan petunjuk(hidayah),dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan cita-cita orang-orang yang sabar, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya orang-orang berilmu sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Allah sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, sehingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak mendapatkan ridho-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat karena takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu karena cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya."

    Waktu Pelaksanaan Sholat Taubat

    Bagi yang bertanya kapan sih waktu mengerjakan sholat taubat, pada jam berapa waktu paling mustajab untuk mengerjakannya? Sesuai tata cara sholat taubat nasuha yang sama dengan tahajud, istikharah, tasbih maupun sholat sunnah yang membutuhkan ketenangan batin lainnya.

    Maka waktu terbaik untuk melaksanakan sholat taubat adalah pada dua pertiga malam terakhir (2/3), yakni waktu qiyamul lail yang jika di Indonesia maka dimulai pada waktu jam 10.30 WIB sampai 01.30 WIB sesuai yang dilansir dari doagama.

    Sholat taubat ini juga sangat cocok dijalankan sebelum sholat tahajud pada seprtiga malam terakhir atau sebelum sholat istikharah pada seprtiga malam kedua. Ketiga sholat sunnah ini dapat menjadi rangkaian ibadah malam yang sangat istimewa.

    Namun meski begitu tidak ada yang melarang bagi yang ingin melaksanakannya pada waktu selain dua pertiga malam terakhir. Sholat taubat bisa dikerjakan setelah sholat isya sampai terakhir adalah pada saat masuk waktu sholat subuh.