Tata Cara Manfaat Keajaiban Sholat Tasbih dan Bacaanya

Konten []
    Runimas.com - Tata cara manfaat keajiaban sholat tasbih dan bacaannya. Baginda Rasul Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang pada intinya adalah menganjurkan umat muslim untuk mengerjakan sholat tasbih.

    sholat tasbih

    Jika sempat, maka kerjakanlah sholat tasbih sebanyak 1 kali dalam sehari. Jika tidak mampu maka boleh melakasnakannya seminggu satu kali. Jika masih belum sanggup maka boleh menunaikannya setahun sekali. Jika masih belum bisa juga, maka setidaknya mengerjakan sholat tasbih seumur hidup sekali.

    Saking istimewanya salah satu sholat sunnah ini, Rasulullah SAW sangat mengajurkan orang-orang yang beriman kepada Allah SWT melaksanakan shalat tasbih setidaknya seumur hidup sekali. Apa sih faedah dan fadhilah dari sholat tasbih, kok sangat dianjurkan begini oleh Nabi SAW?

    Sebelum masuk ke situ, akan terlebih dahulu kita bahas mengenai niat dan tata cara sholat tasbih. Sholat tasbih bisa dikerjakan sendiri atau munfarid sebenyak 2 atau 4 rakaat. Boleh dikerjakan di rumah maupun di masjid atau mushola.

    Bacaan Niat Sholat Tasbih

    niat sholat tasbih

    Untuk sholat tasbih dua rakaat dan empat rakaat, mempunyai bacaan niat yang berbeda dalam pengucapan jumlah rakaat sholatnya. Namun untuk nama sholatnya sama, tidak ada perbedaan. Sama seperti halnya pengucapan niat pada sholat wajib atau sholat sunnah pada umumnya.

    Berikut adalah lafadz, teks dan tulisan niat sholat tasbih dalam bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia (untuk sholat 2 rakaat dan 4 rakaat) lengkap.

    a. Niat Sholat Tasbih 2 Rakaat

    أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

    Usholli sunnatat-tashbiihi rok’ataini lillahi taa’alaa.

    Artinya :
    "Saya niat sholat sunat tasbih dua rakaat karena Allah ta’ala."

    b. Niat Sholat Tasbih 4 Rakaat

    أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلَّهِ تَعَالَى

    Usholli sunnatat-tashbiihi arba’a raka’ati lillahi taa’alaa.

    Artinya :
    "Saya niat sholat sunat tasbih 4 rakaat karena Allah ta’ala."

    Selanjutnya setelah mengucapkan doa niat tersebut, diteruskan dengan tata cara melaksanakan sholat tasbih. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

    Tata Cara Mengerjakan Sholat Tasbih

    Sholat tasbih artinya membaca tasbih hanya kepada Allah SWT. Kalimat tasbih yaitu merupakan salah satu kalimat thayyibah yang bunnyinya "subhanallah..". Mengerjakan sholat yang memiliki keistimewaan luar biasa ini sedikit berbeda dengan sholat lain.

    Pada saat selesai membaca suratan pendek dan pada waktu i'tidal, orang yang mengerjakan sholat tasbih wajib menambahkan bacaan tasbih masing-masing 15 dan 10 kali. Selain itu, lakukan langkah-langkah sholat seperti biasa.

    Untuk lebih jelasnya, mari simak tata cara menunaikan ibadah sholat sunnah tasbih untuk bertasbih memuji nama Allah SWT, mengagungkan kebesaran-Nya dan memuliakan nama-Nya yang agung.
    • Pertama adalah membaca niat sholat tasbih terlebih dahulu.
    • Kemudian membaca takbiratul ikhram dan doa iftitah.
    • Selanjutnya adalah membaca surat Al-Fatihah sebanyak satu kali.
    • Lalu suratan pendek sebanyak 1 kali, boleh Makiyah atau Madaniyah.
    • Sebelum ruku', baca tasbih terlebih dahulu sebanyak 15 kali.
    • Lanjutkan dengan ruku' sambil membaca doa.
    • Berdiri dengan posisi i'tidal, baca doa i'tidal dan diikuti kalimat tasbih sebanyak 10 kali.
    • Selanjutnya lakukan sujud dua kali diselingi duduk iftirasy (duduk di antara dua sujud).
    • Pada rakaat kedua dan keempar (bila mengerjakan 4 rakaat), bacalah tahiyatul atau tasyahud awal.
    • Pada setiap rakaat terakhir (rakaat kedua atau keempat), bacalah tahiyatul atau tasyahud akhir setelah membaca tahiyat awal.
    • Sholat tasbih diakhiri dengan mengucapkan salam sambil menolehkan kepala ke kanan kemudian ke kiri.

    Doa Sesudah Sholat Tasbih

    Sebagai amalan dan doa dan dzikir atau wirid tambahan yang bisa diucapkan selesai sembahyang tasbih, maka bacalah teks doa berikut ini yang khasiat dan tujuannya bisa Anda temui pada bagian artinya.

    اللّهُمَّ اِنِّى اَسْئَلُكَ تَوْفِيْقَ اَهْلِ اْلهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ اْليَقِيْن وَمُنَاصَحَةَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزَمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجَدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ اْلعِلْمِ حَتىَّ اَخَافَكَ
    اللّهُمَّ اِنِّى اَسْئَلُكَ مَخَافَةً تُحْجِزُنِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَعَاتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُ بِهِ رِضَاكَ وَحَتَّى اُنَاصِحَكَ فِى
    بَةِ خَوْفًا مِنْكَ وَحَتَّى اُخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّالَكَ وَحَتَّى اَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فِى اْلأُمُوْرِ كُلِّهَا وَاُحْسِنَ الظَّنَّ بِكَ سُبْحَانَ
    خَالِقِ النُّوْرِ رَبَّنَا اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَغْفِرْلَنَا اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْر بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّّاحِمِيْن

    Yaa Alloohu ya Rohmaanu yaa Rohiimu yaa Hayyu yaa Qoyyuumu yaa dzal jalaali wal-ikroom, yaa ahlat taqwaa wa ahlal maghfiroh, yaa dzaakirodz dzaakiriin, tub ‘alayya taubatan nashuuhaa, wazidnii bifadhli rohmatika nuuron wazhuhuuron wawudhuuhaa. Yaa arhamar roohimiin.

    Artinya :
    "Ya Allah yang Maha Pengasih, yang Maha Penyayang, yang Maha Hidup dan Maha Berdiri sendiri, wahai Dzat yang Memiliki Keperkasaan dan Kemuliaan, Pemilik ketaqwaan dan Ampunan, wahai yang diingat para pedzikir, anugerahkanlah padaku taubat nasuha dan tambahkanlah bagiku dengan rahmat-Mu cahaya, kejelasan dan kebersihan. Wahai Dzat yang Maha Pengasih, Maha Penyayang."

    Manfaat dan Keajaiban Sholat Tasbih

    Nah dari tadi kita membahas niat dan tata cara shola tasbih tanpa mengetahui keutamaan atau manfaatnya. Memang sih, semua sholat itu adalah ibadah yang mulia sehingga tanpa mengharap , apapun, sebenarnya manusia akan diberi kedudukan yang tinggi apabila mengerjakannya secara rutin.

    Namun untuk menambah atau meningkatkan motivasi supaya mau menambah amalan pahala dengan menunaikan sholat tasbih, maka tidak ada salahnya kita mengetahui isi faedah dan fadhilah dari salah satu sholat sunnah paling utama tersebut.

    Keutamaan atau khasiat ini merupakan hal yang tidak secara umum ada dan bisa didapat dengan mengerjakan sholat sunnah. Beberapa keutamaan atau manfaat berikur didapat hanya dengan melaksanakan shola tasbih secara rutin, istiqamah dan khusyu'.

    Keutamaan-keutamaan sholat tasbih antara lain adalah sebagai berikut.
    • Pertama, merupakan sholat yang kalimat pada bacaannya dipilih langsung oleh Allah SWT, yakni kalimat tasbih yang teksnya adalah Subhanallahi wa bihamdihi.
    • Kemudian, ucapan tasbih merupakan amalan berat yang bisa menambah timbangan kebaikan di hari akhir kelak.
    • Mengerjakan sholat tasbih berarti memuji kebesaran Allah SWT, mengakui segala ciptaan-Nya dan percaya serta kembali ke jalan yang benar.
    • Sholat tasbih dikerjakan untuk menghapus dosa-dosa yang pernah dilakukan di hari sebelumnya.
    • Umat muslim, laki-laki maupun perempuan yang rajin menunaikannya, atau setidaknya satu kali dalam seumur hidup maka akan dibuatkan kebun kurma yang sangat luas si surga.
    • Menghindarkan diri dari rasa sedih, cemas, gelisah, takut, gundah dan khawatir serta menjauhkan tubuh dari penyakit fisik yang mungkin melanda.
    • Sholat tasbih bisa membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang sehingga bisa berpikir lebih positif dan jernih dalam menetapkan sesuatu.

    Selain itu masih banyak keutamaan dari sholat tasbih namun tidak bisa disebutkan semua yang penting kita mengetahui bahwa sholat ini adalah salah satu ibadah sholat sunnah yang sangat utama.

    Itulah sedikit pembahasan mengenai sholat tasbih, manfaat, keajaiban, waktu, doa, ldii, gambar tata cara sholat tasbih, dan bacaannya pdf, waktu terlarang, hukum, jam berapa, jelaskan tata cara shalat tasbih, kisah orang sholat tasbih.

    Keutamaan shalat tasbih untuk rezeki. Bacaan surat dalam sholat tasbih, niat sholat tasbih lailatul qadar, berkah dan misteri sholat tasbih, doa pdf dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.
    Show comments
    Hide comments