Niat Doa Tata Cara Sholat Tarawih 8 dan 20 Rakaat

Konten []
    Runimas.com - Niat doa tata cara sholat tarawih 8 dan 20 rakaat. Shalat tarawih atau dalam ejaannya disebut teraweh merupakan ibadah sholat sunnah yang dikerjakan setelah sholat isya untuk menambah amalan dan pahala di bulan suci ramadhan.

    niat doa tata cara sholat tarawih

    Sholat tarawih biasanya dikerjakan secara berjamaah baik laki-laki maupun perempuan sebanyak 8 dan 20 rakaat. Jika ada yang bertanya berapa jumlah rakaat shalat tarawih yang benar sesuai sunnah maka keduanya merupakan jawaban yang betul.

    Khusus bagi umat muslim Muhammadiyah biasa mengerjakan sholat tarawih 8 rakaat dengan bacaan surat Al-Quran yang panjang sedangkan umat Nahdliyin (NU) sering mengerjakan yang 20 rakaat dengan membaca suratan pendek.

    Meski ada perbedaan jumlah rakaat pada salat tarawih, namun keduanya sama-sama sah, tidak ada yang haram dan tentu Allah SWT akan melipatgandakan setiap amalan dan ibadah yang dikerjakan pada bulan puasa sesuai janji-Nya.

    Bulan ramadhan hanya berlangsung 30 hari dalam setahun yang artinya hanya ada sedikit waktu bulan penuh berkah ini maka sangat disayangkan apabila kita menyia-nyiakan bulan yang memiliki malam lailatul qadar ini begitu saja.

    Setidaknya kerjakanlah sholat tarwih karena memiliki banyak sekali keutmaan seperti yang pernah dibahas pada tautan keutamaan sholat tarawih. Berikut akan kami jelaskan bagiamana cara mengerjakan melaksanakan shalat tarawih sebanyak 8 atau 20 rakaat baik sendiri maupun bersama-sama di masjid dan mushola.

    Niat Sholat Tarawih

    Shalat terawih bisa dikerjakan sendiri maupun berjamaah. Jika mengerjakan secara berjemaah maka pahalanya akan dilipatgandakan sebanyak 27 derajat. Sebaiknya bila sanggup, kerjakanlah salat tawarih di masjid bersama-sama.

    Berikut adalah bacaan doa niat sholat tarawih sendiri maupun berjemaah ditulis dalam bahasa arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

    a. Niat Shalat Tarawih Sendiri

    صَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

    Usholli Sunnatat Tarawihi Rok’ataini Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’ala.

    Artinya:
    "Aku niat shalat sunah tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala."

    b. Niat Shalat Tarawih Sebagai Imam

    اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

    Usholli Sunnat-Tarawihi Rok’ataini Mustaqbilal Qiblati Imaman Lillahi Ta’ala.

    Artinya:
    "Aku niat Shalat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat menjadi imam karena Allah Ta’ala."

    c. Niat Shalat Tarawih Sebagai Makmum

    اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

    Usholli Sunnatat-taraawiihi rok'ataini mustaqbilal qiblati ma'muuman lillaahi ta'alaa.

    Artinya:
    "Saya niat sholat sunnah Tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta'ala."

    Tata Cara Mengerjakan Sholat Tarawih

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa sholat tarawih dapat dikerjakan sebanyak 8 ataupun 20 rakaat. Bagaimana langkah-langkah melaksanakannya? Berikut adalah rinciannya.

    a. Cara Mengerjakan Shalat Tarawih 8 Rakaat

    Sholat teraweh 8 rakaat yang biasa dikerjakan oleh kaum Muhammadiyah dilaksanakan dengan 2 rakaat salam 2 rakaat salam. Setiap dua rokaat jamaat mengucap salam dan setiap 4 rakaat selesai, pada jamaah membaca bacaan doa bilal tarawih yang dipimpin oleh satu orang.

    Ketika mengerjakan salat tarawih 8 rakaat maka usahakan sebaiknya membaca kalimat surat al-quran yang panjang atau madaniyah seperti yang biasa dikerjakan oleh kaum Muhammadiyah sehingga sholat pun akan tetap khusyu dan tidak terkesan cepat selesai.

    Setelah selesai sholat maka biasanya jamaah akan mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh satu orang selama sekitar 7-10 menit. Sebelumnya didahului dengan membaca doa dzikir sesudah sholat tarawih dan kemudian mengerjakan sholat witir.

    b. Cara Mengerjakan Shalat Tarawih 20 Rakaat

    Jika melakukan sholat tarawih 20 rakaat seperti kaum Nahdliyin atau Nahdlatul Ulama (NU) maka membaca suratan pendek atau Makkiyah meskipun sebenarnya boleh juga membaca surat yang lebih panjang.

    Aturannya sama dengan yang 8 rakaat, yakni mengucap salam setiap selesai dua rakaat dan sesudah 4 rakaat selesai, maka bilal membaca doa diikuti oleh jawaban jamaah. Kemudian sholat selesai setelah 20 rakaat dilanjutkan dengan membaca ceramah atau kultum oleh salah seorang diantara jemaah.
    Show comments
    Hide comments