Doa Niat Waktu Keutamaan Sholat Tahiyatul Masjid

Konten []
    Runimas.com - Doa niat waktu keutamaan sholat tahiyatul masjid. Sholat akan sangat baik apabila dikerjakan secara berjamaah, yakni khusus untuk sholat sholat fardhu atau sholat lima waktu seperti subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya.

    sholat tahiyatul masjid

    Allah SWT memberi ganjaran bagi mereka yang menunaikan ibadah sholat wajib secara berjamaah baik di masjid maupun mushola. Tidak tanggung-tanggung, pahala yang diberikan sebanyak 27 derajat. Masyaallah.

    Maka dari itu banyak orang berbondong-bondong setiap saat akan memasuki waktu sholat untuk segera menuju masjid dan melaksanakan sholat berjemaah. Ada yang jadi imam dan ada yang jadi makmum, semuanya kompak menjalankan ibadah hanya kepada Allah SWT.

    Dalam kegiatan beribadah atau sembahyang di masjid, ketika baru masuk masjid ada sebuah amalan ibadah yang bisa dikerjakan. Yakni sholat tahiyatul masjid atau yang bisa disebut juga dengan sholat masuk masjid atau sholat ketika menginjakkan kaki di masjid atau mushola.

    Sholat ini dikerjakan sebagai amalan tambahan sebelum benar-benar masuk waktu sholat fardhu. Namun jika tidak memungkinkan, maka sebaiknya jangan melakukannya karena takut tidak sempat untuk menyelesaikan sebelum iqamah dikumandangkan.

    Maka dari itu, bagi yang ingin menunaikan sholat tahiyatul masjid sebaiknya datang lebih awal minimal 20-30 menit sebelum adzan berkumandang. Insyaallah kita bisa menunaikan ibadah sholat tahiyatul masjid dengan tidak terburu-buru.

    Bacaan Doa Niat Sholat Tahiyatul Masjid

    niat sholat tahiyatul masjid

    Tahiyatul masjid adalah sholat sunnah dua rakaat yang dikerjakan secara sendiri-sendiri maka dari itu membaca niatnya juga harus 2 rakaat dan dilaksanakan secara munfarid atau dalam bacaan niatnya mengucapkan "adaa aalillahi ta'aala."

    Lafadz teks niat bacaan doa sholat tahiyatul masjid diucapkan sebagai tiang utama kita mengerjakan ibadah sholat yang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan ini. Niat adalah pondasi dari sholat maka bila membacanya tidak sungguh-sungguh, maka sholatnya tidak akan diterima.

    Selain itu, apabila membaca niat sholat untuk main-main dan melakukan setiap gerakan sholat tahiyatul masjid dengan tidak sungguh-sungguh dan hanya untuk bercanda maka bukan tidak mungkin justru dosa yang akan kita dapat. Wallahu alam.

    Berikut adalah lafadz bacaan niat sholat tahiyatul masjid tulisan Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia lengkap sesuai sunnah yang shahih menurut hadits para Sahabat Nabi Muhammad SAW.

    اُصَلِّى سُنَّةً تَحِيَّةُ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

    Usholli sunnatan tahiyyatul masjidi rok’ataini lillaahi ta’aalaa.

    Artinya :
    "Saya niat sholat tahiyyatul masjid dua rakaat karena Allah ta’ala."

    Tata Cara Mengerjakan Sholat Tahiyatul Masjid

    Cara menjalankan ibadah sholat tahiyatul masjid secara garis besar sama seperti sholat sunnah pada umumnya, yakni diawali dengan membaca niat kemudian melakukan serangkaian gerakan yang diakhiri dengan mengucapkan dua kali kalimat salam.

    Sholat tahiyatul masjid dilaksanakan ketika seseorang, baik laki-laki muslim maupun wanita muslimah baru saja masuk masjid dengan mendahuluinya menggunakkan kaki kanan. Tanpa duduk terlebih dahulu, langsung bacalah niat sholat tahiyatul masjid seperti yang ditulis di atas.

    Setelah membaca niat tahiyatul masjid, kemudian lakukan rangkaian gerakan-gerakan sholat berikut sambil melafalkan bacaan doanya masing-masing untuk setiap posisi. Berikut adalah cara melakukan sholat tahiyatul masjid secara lengkap.
    • Pertama adalah membaca niat sholat tahiyatul masjid.
    • Kemudian melafadzkan kalimat takbiratul ikhram dan membaca doa iftitah.
    • Selanjutnya kemudian mengucapkan surat Al-Fatihah dilanjutkan dengan satu surat pendek.
    • Melakukan ruku' sambil membaca doa.
    • Melakukan i'tidal sambil mengucapkan doa.
    • Melaksanakan sujud sebanyak dua kali diselingi duduk di antara dua sujud (iftirasy).
    • Pada rakaat kedua atau terakhir, dilanjutkan dengan membaca doa tasyahud awal dan akhir.
    • Lalu mengakhiri sholat dengan membaca kalimat salam.

    Untuk bacaan doa sholat yang lebih lengkap, untuk setiap gerakannya, silahkan baca pada artikel di tautan berikut ini.

    Baca : Bacaan Doa Sholat Arab dan Terjemahan Lengkap

    Keutamaan dan Manfaat Sholat Tahiyatul Masjid

    Dilaksanakan sebelum adzan berkumandang dan sholat qabliyah, sholat tahiyatul masjid ini memiliki banyak sekali manfaat atau keutamaan. Meski pada dasarnya setiap sholat sunnah memiliki fadhilah atau faedah yang luar biasa.

    Karena sejatinya tidak ada ibadah yang tidak bernilai pahala, termasuk sholat sunnah tahiyatul masjid yang satu ini. Berikut adalah beberapa berkah, hikmah atau keutamaan dari sholat tahiyatul masjid bagi yang menjalaninya secara istiqamah.
    • Sebagai bentuk penghormatan dan kemuliaan bagi masjid.
    • Untuk menutupi kekurangan yang dilakukan pada sholat wajib.
    • Menghapus dosa dari perbuatan yang dilakukan sebelumnya.
    • Meninggikan derajat sebagai seorang muslim.
    • Sholat tahiyatul masjid adalah sholat yang sebaik-baiknya amalan.
    • Untuk menambah dan meningkatkan kesempurnaan sholat fardhu.
    • Sebagai tanda ketaqwaan dan keimanan seorang muslim kepada Allah SWT.
    • Sebagai bentuk rasa syukur atas berkah dan rezeki yang diperolehnya.
    • Meraih wali Allah SWT yang paling istimewa.

    Kapan Waktu Mengerjakan Sholat Tahiyatul Masjid

    Sholat tahiyatul masjid seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa waktu pengerjaannya adalah sebelum adzan berkumandang. Jika suara adzan telah terdengar maka seorang muslim lebih baik menggantinya dengan sholat rawatib.

    Selain itu, sholat ini juga tidak bisa dikerjakan pada waktu-waktu diharamkannya sholat, yakni ketika fajar sedang terbit, matahari tengah mencapai puncaknya, atau matahari sedang berwarna oranye, kuning kemerah-merahan.

    Dalam melafalkan niat atau doa sholat tahiyatul masjid hendaklah diucapkan dengan kalimat yang pelan, begitupun pada bacaan di gerakan lainnya agar sholat tahiyatul masjid yang ditunaikan pada sebelum masuk waktu sholat bisa bernilai pahala.
    Show comments
    Hide comments