7 Bacaan Doa Kalimat Thayyibah dan Pengertian Lengkap

Konten []
    Runimas.com - Bacaan doa kalimat thayyibah dan pengertian lengkap. Sebagai manusia kita harus selalu memerhatikan tutur kata dan ucapan yang keluar dari mulut kita. Bahkan jika kita bukan seorang muslim pun tetap harus melakukannya demi menghormati sesama manusia.

    kalimat thayyibah

    Ada dua jenis perkataan yang sering diucapkan oleh orang-orang, yang pertama adalah kalimat yang buruk dan yang kedua adalah kalimat yang baik, dengan bahasa baik atau yang biasa disebut dengan kalimat thayyibah.

    Nah, bila ingin tahu penjelasan lebih lanjut mengenai kalimat thayyibah atau kalimat yang baik untuk diucapkan, maka silahkan baca pembahasannya di bawah ini. Silahkan membaca dan apabila ada kesalahan mohon dikoreksi.

    Pengertian Kalimat Thayyibah

    Secara sederhana kalimat thayyibah merupakan kalimat yang baik, sopan dan tidak mengandung kebencian atau dalam istilah Islamnya ialah amar ma'ruf nahi mungkar. Kalimat tayyibah mengandung banyak sekali kebenaran, kebaikan, kejujuran dan kebajikan.

    Barang siapa mengucapkan kalimat atau kata-kata yang baik maka Allah SWT akan memberikan kebaikan pula untuknya. Dan barang siapa mengucapkan kalimat-kalimat kotor maka azab dan neraka menjadi ancamannya.

    Untuk itu biasakanlah mengucap kalimat thayyibah, jika Anda memiliki anak yang masih kecil, ajarilah mereka berkata yang sopan dan baik. Jangan lupa perhatikan lingkungan bermain mereka apakah baik bagi perkembangan anak atau tidak.

    Jangan sampai ketika dewasa mereka menjadi orang yang salah dalam berucap, keliru dalam berbuat dan terjerumus ke dalam maksiat. Jangan biarkan mereka menjadi bukan seperi yang Allah SWT minta maka dari itu ajari anak-anak kita kalimat thayyibah.

    Baca : Kalimat Tammah Sempurna

    Macam-macam Kalimat Thayyibah

    Ada banyak sekali kalimat thayyibah yang dapat kita katakan, beberapa disebut dengan kalimat dzikir karena saking baiknya kalimat tersebut sering dibaca setelah selesai sholat sebagai salah satu amalan paling mustajab untuk mengabulkan doa.

    Berikut adalah macam-macam kalimat thayyibah bahasa arab, latin, artinya, terjemahan dan penjelasannya secara lengkap masing-masing.

    a. Bismillahirrahmanirrahim

    بسم الله الرحمن الرحيم

    Bismi-llaahi ar-raḥmaani ar-raḥiimi.

    Artinya :
    "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."

    Kalimat basmalah merupakan kalimat yang sangat istimewa karena diucapkan setiap kita akan mengerjakan sesuatu seperti ketika akan sholat, mengaji, makan, minum, bekerja, berangkat sekolah dan sebagainya.

    Bahkan kalimat bismillah ini merupakan kalimat thayyibah yang diucapkan untuk mengawali doa-doa lain. Dari situ saja sudah terlihat jelas bahwa kalimat yang satu ini adalah kalimat yang sangat mulia.

    b. Assalamu'alaikum

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

    Artinya :
    "Salam damai untukmu dan semoga Rahmat serta Keberkahan Allah menyertaimu."

    Kalimat salam ini biasa diucapkan ketika bertemu dengan seseorang, baik yang dikenal yang merupakan sahabat, saudara atau keluarga dan kerabat sendiri maupun orang yang baru ditemui di jalan ketika berwisata sebagai turis.

    Dalam kalimat assalamualaikum ini memiliki makna memohon keselamatan artinya kita meminta kepada Allah SWT agar orang yang kita temui dan diri kita sendiri dapat dihindarkan dari segala macam marabahaya dan bencana.

    Kalimat ini boleh dibaca assalamu'alaikum saja, ataupun secara lengkap assalamu'alaikum warrahmatullahi wa barakatuh. Makin lengkap bacaan yang diucapkan makin besar pula pahala yang dapat kita peroleh dari-Nya.

    c. Subhanallah

    سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى

    Subhaanahuu wa ta’aalaa.

    Artinya :
    "Maha Suci Dia dan Maha Tinggi."

    Kalimat subhanallah dibaca ketika kita melihat sesuatu yang menakjubkan, peristiwa langka, keajaiban, keanehan dan hal-hal yang sebelumnya sama sekali tidak pernah kita lihat sehingga kita merasa takjub.

    Kalimat thayyibah yang satu ini bermakna bahwa segala sesuatuyang ada di bumi dan langit merupakan ciptaan-Nya. Oleh karena itu termasuk keajaiban dan kejadian langka yang kita jumpai juga merupakan atas kehendak Allah SWT.

    d. Laa Haula Walaa Quwwata Illaa Billaah

    لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

    Laa Hawla wala quwwata illa billah.

    Artinya :
    "tidak ada daya dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

    Kalimat ini disebut sebagai pancaran ketaqwaan seseorang kepada Tuhannya. Kalimat thayyibah laa hawla walaa quwwata illa billah ini merupakan representasi dari kefanaan manusia dan segala macam hal kekusaan-Nya.

    e. Laa Ilaaha Illallah

    آإِلَهَ إِلاَّ الله

    Laa ilaaha illallah.

    Artinya :
    "Tidak ada Tuhan selain Allah."

    Kalimat yang mempunyai bacaan lengkap laa ilaahaillallah wahdahu lah syarika laka lahulmulku malhamdu yuhyi wahuwa’ala kulli syai’in qadir ini merupakan kalimat thayyibah atau kalimat yang baik dan sangat istimewa.

    Rasul menyebutkan melalui sebuah hadits yang diriwayatkan sahabatnya bahwa apabila seseorang membaca kalimat ini secara istiqamah maka Allah akan menghapuskan 100 dosanya dan memberi 100 kebaikan

    f. Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raaji'un

    إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

    Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un.

    Artinya :
    "Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali."

    Ada pertemuan ada perpisahan, ada awal ada akhir, ada hidup ada mati. Setiap yang hidup pasti akan kembali kepada pemiliknya, dialah Allah SWT yang merupakan penguasa dan penentu kapan manusia hidup dan kapan diambil nyawamnya.

    Kalimat innalillahi wa inna illaihi rajiun ini merupakan kalimat yang diucapkan ketika mendengar kabar seseorang meninggal, melihat orang wafat, menjumpai manusia yang mati dan sebagianya. Ini merupakan bentuk duka cita terhadap kepergian seseorang.

    g. Astaghfirullah

    اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

    Astaghfirullahal Adzim.

    Artinya :
    "Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung."

    Tidak ada manusia yang sempurna dan tidak ada manusia yang selalu ingat akan dosa yang diperbuat. Maka dari itu seseorang harus memerbanyak bacaan kalimat istighfar untuk memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa yang pernah diperbuatnya.

    Astaghfirullahal adzim juga merupakan contoh kalimat thayyibah yang sangat baik untuk dibaca dan diamalkan sepanjang hari. Bahkan jika bisa, setiap sebelum dan sesudah mengerjakan sesuatu kalau bisa disempatkan membaca doa ini.