Bacaan Kalimat Tauhid Arab Latin Beserta Artinya

Konten []
    Runimas.com - Bacaan kalimat tauhid arab latin beserta artinya. Dalam dua kalimat syahadat tercantum teks lafadz kalima tauhid yang artinya merupakan kepercayaan kepada Tuhan yang maha kuasa, Allah SWT sebagai zat pelindung, pengelola serta pemberi berkah bagi setiap makhluk di alam semesta.

    kalimat tauhid

    Landasan dari tauhid sendiri ialah yakin dan ikhlas kepada Allah Ta'ala. Dan ikhlas sendiri harus didasari rasa taqwa kepada-Nya, lalu intisari dari taqwa ialah ucapan laa ilaa ha illallah. Apabila seseorang telah menghayati kalimat ini dalam hatinya maka akan terpancar cahaya dalam dirinya untuk mengerjakan amal kebaikan.

    Syarat-Syarat Kalimat Tauhid

    Adapun syarat-syarat dari kalimat tauhid, kalimat laa ilaa ha illallahu yang harus dipenuhi sesoerang yang mengimaninya antara lain:
    • Ilmu yang tidak boleh dicampuri dengan kejahilan.
    • Pengingkaran terhadap seluruh yang disembah selain Allah SWT.
    • Cinta yang tidak boleh dicampuri dengan kebencian.
    • Keyakinan yang tidak boleh dicampuri dengan keraguan.
    • Ikhlas yang tidak boleh dicampuri dengan sifat syirik.
    • Penerimaan yang tidak boleh dicampuri dengan penolakan.
    • Kejujuran yang tidak boleh dicampuri dengan dusta.
    • Ketaatan yang tidak boleh dicampuri dengan pembangkangan.

    Bacaan Doa Kalimat Tauhid

    bacaan kalimat tauhid

    Jika dalam kalimat syahadat terdiri dari dua macam yakni kalimat at-tauhid dan kalimat ar-rasul, maka kalimat tauhid yang dibahas di sini merupakan penggalan dari syahadat itu sendiri. Khususnya kalimat pertama yang menyatakan kepercayaan dan keimanan terhadap Allah SWT.

    Kalimat tauhid merupakan bacaan yang pendek namun penuh akan makna. Pertama kali kita masuk Islam maka harus mengucapkan kalimat ini sebagai dasar bahwa kita benar-benar yakin dan percaya dengan agama Islam serta akan menjalani setiap syariat-syariatnya.

    Karena keutamaan dan manfaat kalimat ini sangatlah besar maka tidak etis apabila diucapkan untuk main-main (kecuali bagi anak-anak yang belum memiliki akal maka diperbolehkan). Berikut adalah teks lafadz kalimat tauhid arab, latin dan artinya lengkap.

    أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ

    Asyhadu 'al laa ilaaha illallah.

    Artinya :
    "Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah."

    Teks laa ilaa ha illallah yang terkandung di dalamnya bermakna bahwa sembahan yang pantas disembah tidak lain dan tidak bukan hanyalah Allah semata. Kalimat ini menjadi landasan dasar dan mahkosa seseorang sebelum masuknya nilai-nilai tauhid ke dalam hati seseorang.

    Apabila nilai tauhid sudah masuk ke hati seseorang dan telah diyakini sebagai amal perbuatan yang baik maka ia harus mengamalkannya dan mewujudkannya di kehidupan yang nyata sebagai bukti keimanan dan ketaqwaan terhadap-Nya.

    Fadhilah dan Keutamaan Kalimat Tauhid

    Barang siapa yang sudah mengamalkan kalimat laa ilaaha illallah dengan sungguh-sungguh, kemudian menjalani kehidupan sebagai seorang muslim/muslimah dengan menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya akan mendapat faedah, fadhilah, manfaat dan keutamaan kalimat tauhid sebagai berikut.
    • Tubuhnya tidak akan disentuh oleh api neraka.
    • Harta dan darahnya diharamkan oleh Allah 'Azza wajalla.
    • Merupakan salah satu kunci masuk surga.
    • Orang yang mengucapkannya akan dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga.
    • Dan sebagainya.

    Orang yang mendapat faedah dari kalimat tauhid maka tidak akan mementingkan kehidupan duniawi atau yang lebih dikenal dengan sebutan sifat zuhud. Selain itu ia akan bertawakal dan malu apabila mengerjakan perbuatan musyrik.

    Keagungan dan Kandungan Kalimat Tauhid

    Sekedar tambahan informasi, usia kalimat tauhid sudah setua umur manusia di bumi, yakni sejak Nabi Adam diturunkan dari surga hingga saat ini ketika Anda membaca artikel ini. Kalimat ini diucapkan oleh para Nabi dan Rasul, raja dan rakyat jelata, kaya dan fakir serta seluruh elemen masyarakat.

    Tauhid merupakan kalimat yang diucapkan dari Syam hingga Jazirah Arab, dari al-Maghribi hingga Industan, dari Yaman hingga Mesopotamia hingga dari ujung Amerika hingga ke nusantara, Indonesia negara kita.

    Ia adalah kalimat yang pertama diucapkan ketika manusia lahir ke bumi dan bersaksi di hadapan Rabb-Nya di mana tidak ada satupun manusia yang terhapus ingatannya akan fitrah (perjanjian) ini. Begitu mulianya kalimat ini maka yang meyakininya tidak boleh menumpahkan darahnya.

    Itulah bacaan kalimat tauhid dan artinya, latin, bunyi, lagu, mp3, download, pdf, lafadz kalimat tauhid beserta dalilnya, kandungan, png, latin dan artinya serta macam-macam.