Bacaan Doa Kalimat Tasbih Tulisan Arab Beserta Artinya

Konten []
    Runimas.com - Bacaan doa kalimat tasbih tulisan arab beserta artinya. Kalimat ini disebut juga sebagai kalima thayyibah, merupakan salah satu kalimat yang paling mulia dan sangat dicintai oleh Allah SWT, maka dari itu banyak umat muslim melafalkannya.

    Bacaan Doa Kalimat Tasbih Tulisan Arab Beserta Artinya

    Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa tasbih merupakan satu dari empat kalimat yang paling disukai oleh Allah Ta'ala. Keempat ucapan yang paling dicintai Allah adalah subahanallah, walhamdulillah, laa ilaa ha illallah dan wallahu akbar.

    Selain itu, tasbih juga menjadi kalimat yang dapat menghapus 1000 dosa serta memberikan 1000 kebaikan bagi siapa saja yang mengamalkannya secara istiqamah dan sungguh-sungguh. Betapa baiknya Allah SWT memberikan kesempatan pada kita untuk menambah amal pahala dengan kalimat yang sederhana ini.

    Keutamaan dan Manfaat Kalimat Tasbih

    Selain itu masih ada banyak keutamaan dan faedah lainnya dari kalimat tasbih yang mampu membuat seorang muslim ditempatkan di surga kelak pada hari akhir karena kemuliaan serta keistimewaannya. Pada dasarnya tasbih merupakan kalimat untuk mengagungkan nama Allah.

    Karena mengucapkan kebesaran-Nya, maka tidak heran apabila tasbih menjadi salah satu kalimat yang paling mulia diantara kalimat-kalimat lainnya yang dapat diucapkan manusia ketika di dunia. Berikut adalah beberapa macam khasiat, keistimewaaan, hikmah kalimat tasbih, beserta fadhilah dan keutamaannya.
    • Pertama adalah dapat menghapus semua dosa baik dosa yang besar maupun dosa yang kecil, bahkan timbangan amal baiknya akan diberatkan ketika menghadap Allah Ta'ala.
    • Dapat menghapus dosa-dosa bagi yang terbiasa mengucapkannya.
    • Merupakan kalimat yang paling disukai oleh Tuhan, Allah SWT.
    • Allah Ta'ala menjanjikan balasan surga bagi yang senantiasa mengamalkannya secara istiqomah.
    • Ucapan teks tulisan tasbih dapat menjadi salah satu kesaksian mengenai kebaikan seseorang pada hari kiamat.
    • Merupakan kalimat yang ringan diucapkan namun memiliki faedah yang luar biasa.
    • Membuat seseorang terhindar dari malapetaka, marabahaya, tindak kejahatan dan kriminal, selalu dilindungi oleh-Nya.

    Dan masih banyak lagi keutamaan dari kalimat tasbih thayyibah yang tidak bisa dijelaskan satu per satu.

    Teks Bacaan Doa Kalimat Tasbih

    kalimat tasbih

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kalimat ini merupakan kalimat yang sangat pendek. Berikut adalah bacaan doa teks tulisan kalimat tasbih arab, latin dan artinya.

    سُبْحَانَ اللهِ

    Subhaanallah.

    Artinya :
    "Maha Suci Allah."

    Namun kalimat ini dapat menjadi dzikir yang mustajab apabila diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti untuk dzikir dan doa setelah sholat wajib maupun sunnah, atau sebagai bacaan setelah selesai membaca ayat-ayat alquran (mengaji).

    Karena bacaan tasbih ini juga merupakan bagian dari dzikir maka banyak orang yang selain menyebut kalimat ini sebagai kalimat thayyibah, juga menamainya dengan nama bacaan dzikir. Tentu karena tasbih termasuk inti pokok dari berdzikir.

    Bacaan tasbih ini selain memiliki arti mengagungkan, juga berarti menyucikan, memuliakan, meninggikan dan membesarkan nama Allah SWT, sebagai Tuhan yang tidak ada duanya, hanya satu-satunya Zat paling kekal di alam semesta.

    Renungan

    Sebaik-baiknya perkataan adalah bacaan doa dzikir dan seburuk-buruknya perkataan adalah musrik atau maksiat. Banyak orang lebih mementingkan kehidupan duniawi dengan bekerja dan melupakan berdzikir, padahal ketika bekerja juga bisa disambil dengan membaca dzikir agar lebih berkah.

    Contohnya adalah kalimat tasbih yang pendek, mudah diingat dan dihafal. Membaca banyak kalimat tasbih ketika beraktifitas bukan hanya membuat kita mendapat banyak pahala, melainkan juga agar memperoleh ridha-Nya yang paling mulia.

    Maka dari itu, tidak ada salahnya bila kita melafalkan kalimat ini ketika sedang berada dalam kondisi apapun. Tujuannya agar Allah SWT senantisa menolong kita apabila ada kesulitan serta mengabulkan semua hajat yang kita minta. Amin.

    Demikianlah kalimat tasbih beserta artinya, bunyi, kata kata bacaan tasbih, bacaan tasbih mp3, kaligrafi kalimat tasbih dan sebagianya. Semoga bermanfaat.
    Show comments
    Hide comments