Bacaan Dua Kalimat Syahadat Arab dan Terjemahan

Bacaan Dua Kalimat Syahadat Arab dan Terjemahan
Daftar Isi Artikel
Runimas.com - Bacaan lafadz dua kalimat syahadat yang benar. Inti dari beragama Islam ialah membaca dua kalimat syahadat atau shahadat. Kalimat tersebut merupakan dasar dari lima rukun Islam yang harus dipenuhi seseorang apabila ingin menjadi seorang muslim.

kalimat syahadat

Syahadat berasal dari bahasa Arab yang artinya syahida, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya ia yang menyaksikan. Dalam hal ini, shahadat berarti merupakan pengakuan atas keesaan Allah SWT sebagai Tuhan semesta alam sekaligus Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul-Nya.

Jadi, apabila ada seorang non muslim yang membaca dua kalimat shahadat dengan sungguh-sungguh dan segenap hati, kemudian dia memahami apa yang dibaca dan mengerti makna yang terkandung di dalamnya, maka ia telah masuk ke dalam ajaran Islam.

Dua Jenis Kalimat Syahadat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kalimat syahadat terdiri dari dua macam. Keduanya memiliki pengertian, makna, dan latar belakang yang berbeda diantara satu dengan yang lainnya. Berikut adalah penjelasan masing-masing kalimah syahadat.

1. Syahadat Tauhid

Merupakan bacaan yang pada intinya mengakui keberadaan Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang paling berkuasa di alam semesta, termasuk kehidupan di dunia, di akhirat dan kehidupan di antara keduanya.

Syahadat tauhid artinya mengakui keesaan Allah SWT. Tidak ada Tuhan selain Dia, tidak ada yang patut disembah selain Dia dan tidak ada yang lebih hebat, lebih agung maupun lebih segala-galanya karena Allah Ta'ala adalah zat yang maha sempurna.

2. Syahadat Rasul

Yang kedua ialah syahadat Rasul yang merupakan pengakuan kesaksian terhadap Nabi Muhammad SAW yang hidup di Mekkah sebagai Nabi terakhir, pendakwah Islam, penyebar ajaran Allah SWT dan manusia yang paling mulia di muka bumi.

Syahadat Rasul diucapkan untuk mengakui bahwa Muhammas SAW, putra dari Abdullah bin Abdul Muthalib dan Aminah binti Wahab merupakan Rasul atau kekasih Allah, utusan yang bertugas menyebarkan agama Islam, Al-Quran beserta ajarannya.

Bacaan Doa Dua Kalimat Syahadat

dua kalimat syahadat

Syahadat bukan merupakan teks atau tulisan yang main-main karena pada dasarnya merupakan pengakuan diri sendiri terhadap siapa Tuhan yang kita percayai dan siapa Nabi yang kita ikuti petunjuk-petunjuknya.

Maka dari itu jangan pernah bermain-main dalam mengucapkannya. Orang yang hendak menjadi muslim atau muslimah maka harus mengucapkan kalimat ini dengan memahami faedah dan fadhilahnya.

Karena terdiri dari dua kalimat maka syahadat juga disebut sebagai shayadatain. Yang pertama ialah syahadat at-tauhid dan yang kedua ialah syahadat ar-rasul. Berikut adalah lafadz, teks, bacaan, doa dua kalimat syahadat arab, latin dan terjemahan.

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ
وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ

Ašhadu 'al lā ilāha illa l-Lāh wa ʾašhadu ʾanna muḥammadar rasūlu l-Lāh.

Artinya:
"Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah."

Adapun apabila seseorang tidak mengucapkannya maka akan disebut sebagai golongan orang-orang kafir. bacaan kalimat syahadat merupakan lafadz yang mulia oleh dari itu pahami dulu makna dan konsekuensinya.

Jika seseorang sudah membaca kalimat syahadat maka ia berhak beribadah kepada Allah SWT seperti sholat wajib dan puasa wajib untuk mendapat ridha dan pahala dari-Nya serta mendapat kemungkinan masuk surga apabila timbangan amal kebaikannya lebih berat daripada amal buruknya.

Namun jika di kemudian hari orang yang sudah melafalkan dua kalimat syahadat tidak menjalankan segala perintah-Nya dan tidak menjauhi semua larangan-Nya, maka ia akan mendapat dosa yang sangat besar sama seperti dosa orang yang tidak mengucapkan dua kalimah syahadat Islam.


Kesimpulan
Demikianlah arikel tentang 5 kalimat syahadat, tuliskan dua kalimat syahadat dengan bahasa arab dan artikan, 2 kalimat syahadat mp3, tulisan, penjelasan tentang, makna dua kalimat syahadat, arti syahadat yang sebenarnya dan sebagainya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>