Macam Macam Sholawat Nabi, Doa, Teks, Keutamaan

Konten []
    Runimas.com - Macam-macam sholawat nabi, doa, teks, keutamaan. Sholawat atau biasa disebut juga dengan selawat merupakan bentuk jamak dari sholat yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai serangkaian doa yang ditujukan untuk menyerukan Allah SWT, Tuhan yang maha besar.

    macam macam sholawat nabi muhammad doa bacaan teks lafadz keutamaan

    Dalam al-quran dijelaskan perintah untuk menyerukan Allah SWT dan Nabi-Nya melalui shalawat. Berikut adalah kutipan dalam surat al-ahzab ayat 56 yang berbunyi sebagai berikut.

    "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi (1). Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya (2)."

    Dalam ucapan singkatnya, sholawat Nabi dapat dibaca dengan kalimat Shallallaahu 'alayhi wa as-sallaam yang merujuk kepada Nabi Muhammad sebagai Rasul Allah SWT. Selawat untuk memuliakan Rasulullah SAW, nabi akhir zaman.

    Salam pada kata terakhir dalam bacaan kalimat sholawat yang singkat berarti kesejahteraan, keselamatan, damai dan sentosa. Merupakan perwujudan doa dari seorang manusia yang berharap agar dapat hidup damai dan sejahtera.

    Dalam bentuk panjangnya, sholawat nabi terdiri dari berbagai macam. Asalnya dari hadits-hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Nabi. Setiap bacaan shalawat memiliki teks atau lafadz yang berbeda-beda namun tidak sulit menghafal shalawat karena teks bacaanya tidak panjang.

    Berikut adalah macam-macam doa sholawat Nabi Muhammad SAW yang ditulis dalam bahasa arab, latin dan tejremahan Indonesia.

    Sholawat Ma'tsuroh

    Shalawat ini merupakan selawat yang diajarkan secara langsung oleh Rasulullah SAW. Tentu selawat ma'tsuroh memiliki keutamaan yang luar biasa. Berikut adalah bacaannya.

    أللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحّمَّدٍ نِالنَّـبِىِ اْلأُمِّىِّ وَعَلٰى اٰلِهِ وَسَلِّمْ

    Artinya :
    "Ya Alloh! Limpahkanlah sholawat kepada Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya."

    Sholawat Ibrahimiyah

    Imam Nawawi pernah berkata bahwa sholawat ibrohimiyah atau ibrahimiyyah merupakan shalawat yang paling istimewa, paling utama dan apabila diamalkan maka menimbulkan pengaruh yang sangat besar.

    اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أَٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِى الْعٰلَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

    Artinya :
    "Ya Alloh, limpahkan sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaiman yang telah Engkau limpahkan pada Ibrahim dan keluarganya, berkatilah Muhammad dan keluarganya sebagaiman Engkau memberkati Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia."

    Sholawat Al-Fatih

    Selawat alfatih merupakan amalan pembuka bagi terbukanya arsy atau pintu kerajaan surga di langit ke tujuh.

    اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِماَ سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِى إِلٰى صِرَاطِكَ الْمُسْـتَقِيْمِ. صَلَّى اللّٰـهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ.

    Artinya:
    "Ya Alloh limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad saw, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Alloh melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung."

    Sholawat Quthbul Aqthab

    Barang siapa yang ingin bertemu dengan Nabi Muhammad SAW dalam mimpi, maka amalkanlah selawat quthbul aqthab secara rutin.

    اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلأَوَّلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلآخِرِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلـمُرْسَلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْمَلَإِ اْلأَعْلٰى إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنَ.

    Artinya :
    "Ya Alloh, berikan rahmat takdzim kepada junjungan kita nabi Muhammad saw, di masa-masa permulaan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad saw, di masa-masa penghabisan dan berikan rahmat kepada nabi Muhammad saw sebagai utusan serta berikan rahmat kepda nabi Muhammad saw dan kepada orang-orang yang memiliki kemiliaan sampai hari kiamat. "

    Sholawat Ummy

    Shalawat ummi disebut bahwa siapa yang membacanya sebanyak 500 kali dengan sungguh-sungguh, maka ia tidak akan meninggal sebelum bertemu Rasulullah SAW dalam keadaan terjaga.

    اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ

    Artinya :
    "Ya Alloh, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya."

    Sholawat Mukafa'ah

    Siapa saja yang membaca shalawat mukafaah dengan sungguh-sungguh, berarti telah membuktikan kecintaanya kepada Baginda Rasul Kanjeng Nabi Muhammad.

    اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عِلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مَقْبُوْلَةً تُـؤَدِّى بِهَا حَقَّهُ الْعَظِيْمِ .

    Artinya :
    "Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad saw yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Alloh swt, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya."

    Sholawat Ghazali

    Shalawat ghozali dapat dibaca sebanyak 77 kali secara khusyu' bagi yang memiliki hajat yang ingin benar-benar terkabul.

    اَللّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نَّبِىِّ اْلأُمِّيِّ الْحَبِـيْبِ الْعَالِى الْقَادِرِ الْعَظِيْمِ الْجَاهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ.
    اَللّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مُسْتَمِرَّةً تَدُوْمُ بِدَوَامِكَ وَتَبْقٰى بِبَقٰـئِكَ وَتَخْلُدُ بِخُلُوْدِكَ وَلَاغَايَةً لَهَا دُوْنَ مَرْضَاتِكَ وَلَاجَرَاءَ لِقَائِكَ وَمُصَلِّيْهَا غَيْرَ جَـنَّــتِكَ وَالنَّظَرَ إِلٰى وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ

    Artinya :
    "Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad saw yang kekal dan terus menerus, ia kekal karena Kekekalan-Mu, ia tetap karena ketetapan-Mu, ia langgeng karena kelanggengan-Mu, tidak ada ujung bainya tanpa keridhoan-Mutidak ada balasan bagi pembacanya dan yang memintakan rahmat selain surga-Mu dan melihakt Wujud-Mu yang Mulia."

    Sholawat Syifa'

    Shalawat syifaa merupakan selawat yang dibaca untuk meyembuhkan atau mengobati hati yang terluka, perasaan yang tersakiti, gelisah, takut dan dendam atau dengki terhadap sesama manusia.

    اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَصِحَّةَ اْلأَبْدَانِ وَعَافِـــيَــتِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ.

    Artinya :
    "Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, kepada junjungan kita bnabi Muhammad saw yang menjadi dokter semua hati dan obatnya, yang menjadi sehat semua badan dan kesejahteraannya, yang menjadi cahaya semua hati dan kemuliaannya. Dan semoga rahmat terlimpah kepada segenap keluarga beliau dan kepada para sahabat-sahabatnya, serta limpahkanlah salam dan kesejahteraan kepada mereka semua."

    Sholawat Munjiyat

    Shalawat munziyat adalah selawat yang bertujuan untuk menghindarkan seseorang dari cobaan, marabahaya, kesulitan serta dijauhkan dari musibah.

    اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَ بِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلأَهْوَالِ وَالْأَفَاتِ وَتَقْضِى بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّــيـِّـــــئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلٰى الدَّرَجَاتِ وِتُبَلِّغُنَا بَهَا أَقْصٰى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاتِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ إِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَىيْئِ قَدِيْرٌ.

    Artinya :
    "Ya Alloh, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, melalui rahmat itu Engkau menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan malapetaka. Yang dengan rahmat itu Engkau memenuhi segala hajat kami, yang dengan Engkau mensucikan kami dari segala keburukan, yang dengan Engkau mengangkat derajat kami setinggi-tingginya, yang dengan Engkau mengantar kami ketempat yang paling ujung dari semua kebaikan hidup di dunia dan kehiduan setelah mati."

    Sholawat Hajat Dunia Akhirat

    Bila memiliki keinginan baik urusan dunia maupun akhirat, maka bacalah shalawat hajat dengan sungguh-sungguh dan keyakinan penuh.

    اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَيَّـدِنَـا مُحَمَّدٍ وَعَـلـٰى أَلِ سَيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلـٰى أَهْلِ بَــيْـتِهِ

    Artinya :
    "Ya Alloh, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada ahli keluarganya."

    Sholawat Kamilat

    Shalawat kamilah untuk menghindarkan seseorang dari kesulitan dan kesempitan dalam hidup di dunia. Bacalah dengan bersungguh-sungguh.

    اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ وَسَلِّـمْ وَبَـارِكْ عَـلـٰى سَــيـِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ وَعَـلـٰى أٰلِـهِ كَمَا لَا نِـهَايَـةَ لِـكَـمـَالِكَ عَدَدَ كَـمـَالِـهِ

    Artinya :
    "Ya Allah, limpahkanlah rahmat keselamatan dan berkah kepada junjungan kami Muhammad dan keluarganya, sebagaimana tiada batas akhir bagi kesempurnaan-Mu, sebagai hitungan kesempurnaan."

    Itulah jenis atau macam-macam sholawat nabi muhammad saw, rasulullah, shalawat kanjeng nabi, baginda rasul, sholawat nabi youtube, lirik, muhammad mp3, sholawat nabi arab, pendek, lirik dan artinya, sholawat nabi ibrahim lengkap.