Macam Macam Sholat Wajib, Doa, Niat, Waktu

Konten []
    Runimas.com - Macam-macam sholat wajib, doa, niat, waktu. Ibadah sholat dalam Islam terdiri dari dua macam, yakni sholat wajib dan sunnah. Sholat wajib merupakan ibadah sholat yang wajib atau harus dikerjakan oleh umat Muslim baik laki-laki maupun perempuan yang tidak berhalangan.

    macam macam sholat wajib

    Halangan-halangan yang dapat membuat seseorang tidak bisa melaksanakan sholat antara lain haid, nifas, keluarnya air mani, hilangnya akal sehat, dan sebagainya. Bagi orang yang tidak dapat mengerjakan sholat dengan cara berdiri, dapat melakukannya dengan cara duduk atau berbaring.

    Baik sholat wajib dan sholat sunnah harus dikerjakan dalam keadaan suci baik dari hadats besar maupun hadats kecil. Hadats kecil bisa dihilangkan dengan cara berwudhu sedangkan hadats besar harus dihilangkan dengan cara melakukan mandi wajib.

    Macam-macam sholat wajib terdiri dari sholat subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya. Setiap sholat memiliki tata cara pengerjaan dan jumlah rakaat yang berbeda meski ada beberapa doa sholat yang dibaca sama. Berikut adalah penjelasan selengkapnya seputar niat, doa dan waktu sholat wajib.

    Sholat Subuh

    Sholat subuh merupakan sholat dua rakaat yang dikerjakan pada pagi hari mulai pukul 04.30 hingga 05.30 sebelum terbitnya fajar/matahari. Sholat subuh tidak sah apabila dikerjakan ketika matahari telah terbit di ujung timur.

    Jumlah rakaat sholat subuh adalah 2 sehingga pengerjaannya hanya dilakukan dengan melaksanakan satu kali tahiyat awal dan akhir. Pada rakaat kedua setelah i'tidal disunnahkan membaca doa qunut dengan cara menadahkan kedua telapak tangan ke depan dada.

    Sholat subuh menjadi salah satu diantara dua sholat yang disunnahkan membaca doa qunut selain sholat witir. Bagi yang mengerjakan sholat subuh tepat waktu dan berjamaah di masjid, Allah SWT akan memberikan pahala yang sangat besar.

    Berikut adalah bacaan doa niat sholat subuh bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

    أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

    Usholli Fardlon Shubhi Rok’ataini Mustaqbilal Qiblati Adaa-an Lillahi ta’aala.

    Artinya:
    "Aku niat melakukan sholat fardu subuh 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta’ala."

    Sholat Dzuhur

    Sholat dzuhur atau dhuhur dikerjakan sebanyak 4 rakaat dengan dua kali tahiyat pada rakaat kedua dan rakaat terakhir. Sholat dzuhur dikerjakan mulai tengah hari sampai masuk waktu sholat ashar dan sebaiknya dilakukan berjamaah karena pahalanya akan bertambah 27 derajat.

    Namun sholat dzuhur tidak boleh dikerjakan pada saat matahari tepat berada di atas kepala karena itu merupakan waktu dilarangnya sholat. Oleh karena itu adzan sholat dzuhur biasanya dikumandangkan setelah matahari sedikit tergelincir ke arah barat.

    Doa sholat dzuhur hampir sama dengan doa sholat wajib lainnya, hanya saja bedanya terdapat pada pembacaan niat sholanya, berikut adalah lafadz bacaan doa niat sholat dzuhur bahasa Arab beserta artinya.

    اُصَلِّيْ فَرْضَ الظُّهْرِ أَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

    Usholli Fardlon dhuhri Arba’a Rok’aataim Mustaqbilal Qiblati Adaa-an Lillahi ta’aala.

    Artinya:
    "Aku niat melakukan sholat fardu dhuhur 4 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta’ala."

    Sholat Ashar

    Sholat ashar dikerjakan setelah selesai waktu sholat dzuhur mulai sekitar pukul 15.00-15.30 atau ketika matahari sudah menunjukkan tanda-tanda akan tenggelam. Sholat ashar dikerjakan sebanyak 4 rakaat.

    Waktu sholat ashar berakhir ketika matahari sudah berwarna kemerah-merahan atau masuk waktu yang diharamkan sholat. Biasanya matahari akan berwarna kemerahan ketika masuk pukul 17.30 atau sebelum masuk waktu sholat maghrib.

    Berikut adalah lafadz doa niat sholat ashar dalam bahasa arab dan terjemahannya.

    أُصَلِّى فَرْضَ العَصْرِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

    Usholli Fardlol Ashri Arba’a Roka’aataim Mustaqbilal Qiblati Adaa-an Lillahi ta’aala.

    Artinya:
    "Aku niat melakukan sholat fardu ashar 4 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta’ala."

    Sholat Maghrib

    Sholat maghrib merupakan sholat dengan waktu terpendek selain sholat subuh karena hanya batas waktu untuk mengerjakannya kurang lebih hanya sektiar 1 jam saja. Sholat maghrib merupakan sholat yang istimewa oleh karena itu banyak yang mengerjakannya secara berjamaah.

    Pada saat mengerjakan sholat maghrib secara berjamaah, imam akan mengeraskan bacaan doanya ketika masuk surat al-fatihah dan salah satu surat yang ada di dalam al-quran. Hal serupa juga dilakukan pada saat sholat subuh dan isya.

    Jumlah rakaat sholat maghrib adalah tiga dan dikerjakan dengan dua kali tahiyat, yakni pada rakaat kedua dan ketiga. Setelah membaca tahiyat awal dan akhir di rakaat ketiga, diteruskan dengan membaca doa salam untuk mengakhiri sholat.

    Berikut adalah bacaan niat sholat maghrib yang benar dan lengkap. Ditulis dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya.

    أُصَلِّى فَرْضَ المَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

    Usholli Fardlol Maghribi Tsalaatsa Roka’aataim Mustaqbilal Qiblati Adaa-an Lillahi ta’aala.

    Artinya:
    "Aku niat melakukan sholat fardu maghrib 3 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta’ala."

    Sholat Isya

    Sholat isya dikerjakan sebanyak 4 rakaat dengan dua kali tahiyat. Sama seperti sholat maghrib, pada saat mengerjakan sholat isya berjamaah, imam akan mengeraskan suara saat membaca surat al-fatihah dan salah satu surat dalam al-quran pada rakaat pertama dan kedua.

    Namun pada rakaat ketiga dan keempat, pembacaan surat al-fatihah tidak dikeraskan atau hanya suara pelan saja. Sholat isya dikerjakan mulai sekitar pukul 7 malam hingga masuk waktu subuh. Jadi boleh dikerjakan pada waktu tengah malam.

    Untuk bacaan niat sholat isya hampir mirip dengan bacaan sholat wajib pada umumnya, bedanya hanya pada nama sholatnya. Berikut adalah bacaan niat sholat isya bahasa arab, teks latin dan artinya.

    أُصَلِّى فَرْضَ العِشَاء ِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

    Usholli Fardlol I’syaa-i Arba’a Roka’aataim Mustaqbilal Qiblati Adaa-an Lillahi ta’aala.

    Artinya:
    "Aku niat melakukan sholat fardu isya 4 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta’ala."

    Itulah artikel tentang macam-macam sholat wajib. Semoga menjawab pertanyaan teman-teman tentang jenis-jenis sholat fardhu, bacaan doa niat, waktu pelaksanaan sholat wajib dan jumlah rakaat sholat wajib adalah 17 rakaat.
    Show comments
    Hide comments