Bacaan Doa Dzikir Setelah Sholat Arab dan Terjemahan Lengkap

Konten []
    Runimas.com - Bacaan doa dzikir setelah sholat arab dan terjemahan. Setelah sholat untuk menambah amalan maka bacalah doa dzikir atau wirid. Memang tidak wajib, namun apabila mengamalkannya secara rutin, maka Allah SWT akan melimpahkan banyak pahala dan keutamaan.

    Bacaan Doa Dzikir Setelah Sholat Arab dan Terjemahan Lengkap

    Doa wirid atau dzikir setelah sholat sudah menjadi seperti rutinitas wajib, khususnya bagi yang mengerjakan sholat berjamaah. Imam akan memandu doa setelah sholat wajib dan makmum akan mengamininya. Aktifitas tersebut sudah berlangsung sejak lama.

    Meski demikian kita boleh saja meninggalkan tempat sholat tanpa mengikuti rutinitas pembacaan dzikir setelah sholat tersebut. Namun bagi yang ingin menambah amalan ibadah untuk mengumpulakn pahala, maka luangkanlah waktu sejenak untuk mengikutinya.

    Pembacaan wirid setelah sholat biasanya hanya berlangsung selama 5-10 menit saja. Setelah itu, masing-masing makmum dan imam akan keluar dari masjid atau mushola dan kembali beraktifitas seperti biasa. Meski ada juga beberapa orang yang tetap tinggal dan menunggu sholat wajib berikutnya.

    Bacaan doa dzikir atau wirid sesudah sholat ini sangat sering dibaca terutama pada saat setelah sholat subuh, maghrib dan isya, serta sholat jumat yang dikerjakan hanya pada hari jumat. Karena pada sholat-sholat tersebutlah umat muslim paling banyak bisa menyempatkan waktu untuk mengerjakan sholat berjamaah.

    Berikut adalah rangkaian doa dan bacaan yang dibaca oleh imam pada saat selesai sholat wajib. Ini adalah doa dzikir setelah sholat yang lengkap, bukan yang pendek atau singkat.

    Istighfar

    Pertama-tama membaca doa istighfar sebanyak 3 kali untuk memohon ampun kepada Allah SWT karena mungkin selama sholat ada momen di mana kita tidak khusyu' dan memikirkan hal lain.

    أَسْتَغْفِرُ اللًّهَ , أَسْتَغْفِرُ اللًّهَ , أَسْتَغْفِرُ اللًّهَ

    Astaghfirulloh, Astaghfirulloh, Astaghfirulloh.

    Artinya:
    "Aku mohon ampun kepada Allah, Aku mohon ampun kepada Allah, Aku mohon ampun kepada Allah."

    Doa Keselamatan

    Selanjutnya adalah doa mohon keselamatan dunia dan akhirat agar Allah SWT melindungi kita dari segala macam marabahaya, cobaan dan bencana.

    اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ

    Allohumma antas salaam wa minkas salaam tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikrom.

    Artinya:
    "Ya Allah, Engkau adalah Maha Pemberi keselamatan dan keselamatan hanyalah dari-Mu, Mahaberkah Engkau, wahai Pemilik Keagungan dan Kemuliaan."

    Doa Dzikir Panjang

    Kemudian membaca doa dzikir pertama yang panjang untuk memuji dan memuliakan nama Allah SWT, Tuhan yang esa dan maha kuasa.

    لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ، اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

    Laa ilaha illalloh wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir. Allohumma laa maani’a limaa a’thoyta wa laa mu’thiya limaa mana’ta wa laa yanfa’u dzal jaddi minkal jadd.

    Artinya:
    "Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. Kerajaan dan pujian hanyalah milik-Nya, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang dapat menolak apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang dapat memberi apa yang Engkau tolak. Juga tidak bermanfaat orang kaya (tanpa amal), dari-Mu segala kekayaan."

    Ayat Kursi

    Lalu membaca ayat kursi yang merupakan ayat ke-225 dalam surat al-baqarah pada al-quran. Ayat ini dibaca untuk mengusir hawa dan aura negatif serta menjauhkan kita dari bisikan syaitan penjerumus ke kejahatan.

    اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

    Allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuum laa ta’khudzuhuu sinatuuw walaa naum lahuu maa fiis samaawaati wamaa fil ardhi man dzaal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi-idznih ya’lamu maa baina aidiihim wamaa khalfahum walaa yuhiithuuna bisyai-in min ‘ilmihii illaa bimaasyaa-a wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardha walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa wahuwal ’aliyyul azhiim.

    Artinya:
    Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhlukNya, tidak mengantuk dan tidak tidur KepunyaanNya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izinNya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang meraka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

    Tasbih, Tahmid dan Takbir

    Selanjutnya membaca bacaan tasbih, tahmid takbir masing-masing sebanyak 33 kali. Baca tasbih 33 kali terlebih dahulu baru tahmid, begitu juga dengan takbir yang dibaca setelah 33 kali membaca doa tahmid.

    سُبْحَانَ اللَّهِ

    Subhaanalloh.

    Artinya:
    "Maha suci Allah."

    الْحَمْدُ لِلَّهِ

    Alhamdulillah.

    Artinya:
    "Segala puji bagi Allah."

    اللَّهُ أَكْبَرُ

    Allohu akbar.

    Artinya:
    "Allah Maha Besar."

    Doa Dzikir Pendek

    Kemudian membaca doa dzikir kedua yang pendek, sama seperti pada dzikir pertama, tujuannya adalah memuliakan Allah sWT yang esa dan maha kuasa.

    لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

    Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadiir.

    Artinya:
    "Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. Kerajaan dan pujian hanyalah milik-Nya, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu."

    Doa Syukur

    Terakhir membaca doa syukur. Bersyukur karena telah diberi kesempatan untuk beribadah kepada Allah SWT melalui sholat.

    اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

    Alloohumma a’innii ‘alaa dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatik.

    Artinya:
    "Ya Allah, tolonglah aku untuk selalu mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah dengan baik kepada-Mu."

    Itulah rangkaian doa setelah sholat, yang biasa disebut juga dengan dzikir atau wirid sesudah sholat. Tentu jika ingin membacanya, maka seluruh doa tersebut harus dibaca berurutan. Tidak boleh ada yang terlewat dan semoga ini menjadi tambahan amalan untuk mendulang pahala bagi kita semua. Amin.