Bacaan Doa Qunut Sholat Arab dan Terjemahan Lengkap

Konten []
    Runimas.com - Bacaan doa qunut sholat arab dan terjemahan. Ada dua sholat yang bacaan dan gerakan i'tidalnya berbeda, yakni sholat subuh dan sholat witir karena pada kedua sholat tersebut, kita menambahkan gerakan untuk membaca bacaan doa qunut.

    Bacaan Doa Qunut Sholat Arab dan Terjemahan Lengkap

    Doa qunut sendiri merupakan doa tambahan dalam sholat yang dibaca pada saat i'tidal di rakaat terakhir. Untuk sholat subuh maka doa ini dibaca pada rakaat kedua dan untuk sholat witir maka bacaan ini dilafadzkan pada rakaat ketiga.

    Dalam bahasa Arab, qunut berarti tunduk atau patuh. Secara istilah, qunut dalam sholat merupakan waktu sesaat di mana kita harus secara khusyu' menyadari bahwa kita harus tunduk dan patuh terhadap segala perintah Allah serta menjauhi larangan-Nya.

    Karena apa yang telah dilarang oleh Allah SWT adalah demi kebaikan kita dan yang diperintahkan oleh-Nya merupakan kebaikan bagi diri kita masing-masing. Sebenarnya ada banyak pengertian qunut menurut para ahli, namun tidak semuanya bertentangan, justru saling menjadi pelengkap.

    Keutamaan Doa Qunut

    Secara garis besar, doa qunut ada dua macam, yakni doa qunut yang dibaca pada saat sholat subuh dan witir serta doa qunut nazilah yang merupakan versi lainnya. Kedua bacaan doa qunut tersebut sama-sama memiliki manfaat dan keutamaan sebagai berikut:
    • Doa qunut untuk memohon petunjuk kepada Allah SWT.
    • Meminta perlindungan dari Allah SWT atas segala macam marabahaya, bencana, ancaman dan cobaan.
    • Menghindarkan diri dari berbagai penyakit baik yang tampak maupun yang tidak terlihat.
    • Bagi yang membaca qunut secara rutin, maka Allah SWT akan memberikan berkah yang luar biasa.

    Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh dan Witir

    doa qunut

    Doa qunut sholat hanya dibaca para rakaat kedua sholat subuh sebagai sholat wajib dan pada rakaat ketiga sholat witir sebagai sholat sunnah. Caranya adalah dengan menadahkan kedua tangan sejajar di depan dada, kepala sedikit ditundukkan dan membaca doa berikut ini.

    اللَّهُمَّ اهْدِنِى فِيمَنْ هَدَيْتَ. وَعَافِنِى فِيمَنْ عَافَيْتَ. وَتَوَلَّنِى فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ. وَبَارِكْ لِى فِيمَا أَعْطَيْتَ
    وَقِنِى شَرَّ مَا قَضَيْتَ. إِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ. وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ. وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

    Alloohummah dinii fiiman hadait. Wa ‘aafinii fiiman ‘aafait. Wa tawallanii fiiman tawallait. Wa baariklii fiimaa a’thoit. Wa qinii syarro maa qodloit. Innaka taqdli wa laa yuqdlo ‘alaik. Wa innahu laa yadzillu maw waalait. Wa laa ya’izzu man ‘aadait. Tabaarokta wa ta’aalait.

    Artinya:
    "Ya Allah berilah aku petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku perlindungan sebagaimana orang yang Engkau lindungi. Sayangilah aku sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi. Berikanlah berkah terhadap apa-apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Jauhkanlah aku dari kejelekan apa yang Engkau telah takdirkan. Sesungguhnya Engkau yang menjatuhkan hukum dan tidak ada orang yang memberikan hukuman kepada-Mu. Sesungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan terhina. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Mahasuci Engkau, wahai Rabb kami Yang Mahatinggi."

    Bacaan Doa Qunut Nazilah

    Doa qunut nazilah yang berarti menghadap dan berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT. Berikut adalah bacaan doa qunut nazilah dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya.

    اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا ، وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ. وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ ، وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ ، وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ
    اللَّهُمَّ الْعَنْ كَفَرَةَ أَهْلِ الْكِتَابِ الَّذِينَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِكَ ، وَيُكُذِّبُونَ رُسُلَكَ ، وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَاءَكَ. اللَّهُمَّ خَالِفْ بَيْنَ كَلِمَتِهِمَ ، وَزَلْزِلْ أَقْدَامَهُمْ ، وَأَنْزِلْ بِهِمْ بَأْسَكَ الَّذِى لاَ تَرُدُّهُ عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِينَ. بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِينُكَ

    Alloohummagh firlanaa wa lilmu’miniina wal mu’minaat wal muslimiina wal muslimaat. Wa allif baina quluubihim, wa ashlih dzaata bainihim wan shurhum ‘alaa ‘aduwwika wa ‘aduwwihim. Alloohummal ‘an kafarota ahlil kitaab alladzii yashudduuna ‘an sabiilik, wa yukadzzibuuna rusulak, wa yuqootiluuna auliyaa-ak. Alloohumma khoolif baina kalimatihim, wazalzil aqdaamahum, wa anzil bihin ba’sakal ladzii laa taruddahu ‘anil qoumil mujrimiin. Bismillaahirrahmaanirrahiim, Alloohumma inaa nasta’iinuk.

    Artinya:
    "Ya Allah ampunilah dosa-dosa kami, dan dosa orang mukmin dan mukminat, muslimin dan muslimat. Damaikanlah di antara mereka. Tolonglah mereka untuk mengalahkan musuhmu dan musuh mereka. Ya Allah timpakanlah laknat kepada orang kafir ahli kitab yang telah mendustakan para utusan-Mu dan memerangi para wali-Mu. Ya Allah, gagapkanlah ucapan mereka, pecahbelahlah kekuatan mereka. Dan timpakan siksa-Mu yang tidak mungkin mampu dicegah mereka. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah sesungguhnya kami memohon pertolongan kepada-Mu."

    Itulah dua macam doa qunut sholat yakni untuk sholat subuh dan witir serta doa qunut nazilah dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa disebarkan untuk berdawkah. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita, Amin.
    Show comments
    Hide comments