Runimas.com - Bacaan doa istighfar arab dan terjemahan. Dalam agama Islam, kita mengenal istighfar atau doa sayyidul istighfar yang kedudukannya sangat tinggi, bahkan lebih tinggi daripada kedudukan hujan di musim kemarau yang membasahi lahan kering.

teks lafadz kalimat bacaan doa istighfar

Kalimat istighfar diucapkan untuk memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa dan kesalahan yang telah kita perbuat. Kemudian selain itu, kata istighfar latin juga dibaca ketika kita melakukan kesalahan yang tidak menimbulkan dosa seperti lupa, melihat dan mendengar sesuatu yang buruk serta hilang konsentrasi.

Sebagai manusia yang ingin kembali kepada fitrahnya, sudah seharusnya kita memperbanyak membaca istighfar dalam kehidupan sehari-hari. Karena kita tidak tahu apakah ada perbuatan kita yang membuat orang lain sakit hari, rugi dan menimbulkan dosa dalam diri kita.

Untuk itulah selalu mohon ampun kepada Allah SWT selama menjalani aktifitas sehari-hari, ucapkan juga secara rutin setelah selesai sholat, atau juga dapat diucapkan ketika menjelang tidur. Jika terbangun pada malam hari karena mimpi buruk maka bacalah doa istighfar dalam hati.

Dalil Membaca Doa Istighfar

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa barangsiapa yang rutin melafadzkan kalimat istighfar maka Allah SWT akan mengganti kesedihannya menjadi kegembiraan. Berikut adalah dalil atau hadits membaca istighfar.

"Barangsiapa yang memperbanyak membaca istighfar (memohon ampunan) maka Allah ‘Azza Wa Jalla akan menjadikan setiap kesusahannya menjadi kegembiraan, setiap kesempitannya jalan keluar dan memberinya rezeqi dari arah yang tiada disangka-sangka." - (Ihya' Ulumiddin Awal)

Teks Lafadz Bacaan Doa Kalimat Istighfar

Secara umum, kalimat istighfar berbunyi astaghfirullaahal a'dzim. Apabila ada penambahan kalimat di belakang, maka merupakan kalimat akhir dalam doa istighfar yang didasarkan pada hadits sahabat Nabi Muhammad SAW.

Setidaknya terdapat tiga macam teks istighfar  yang dikenal yang berasal dari hadits-hadits auliyaa atau sahabat Kanjeng Nabi. Berikut ulasan lengkapnya.

a. Teks Bacaan Doa Istighfar 1

Bacaan istighfar berikut diriwayatkan oleh Abu Dawud, At-Tirmidzi dan Al-Hakim. Berikut adalah bacaan doa istighfar terpendek dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya.

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullaahal 'azhiima-lladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuum, wa atuubu ilaih.

Artinya:
"Aku minta ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Dia, Yang Hidup dan terus-menerus mengurus makhlukNya, dan aku bertaubat kepada-Nya."

Sumber: (HR. Abu Dawud 2/85, At-Tirmidzi 5/569, Al-Hakim)

Al-Hakim dan Al-Albani menyebut bahwa hadits di atas merupakan hadits yang sahih. Kemudian Imam Adz-Dzahabi juga telah menyetujuinya. Silahkan dilihat pada hadits shahih At-Tirmidzi 3/182 atau pada Jami'ul Ushul li ahaditsir Rasul 4/389-390 dengan tahqiq Al-Arnauth.

Keutamaan dari bacaan doa istighfar ini adalah menurut Rasulullah SAW barang siapa yang membacanya, maka Allah SWT akan mengampuni segala dosanya, sekalipun dia pernah lari dari medan perang.

b. Teks Bacaan Doa Istighfar 2

Lafadz kalimat istighfar ini diambil dari hadits riwayat Bukhari dan Muslim. Berikut adalah teks kalimat doa istighfar yang paling utama dan baik dalam bahasa Arab, latin beserta aritnya.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ ظُلْمًا كَثِيْرًا، وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ، فَاغْفِرْ لِيْ مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِيْ، إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Allaahumma innii zholamtu nafsii zhulman katsiiron, wa laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta, faghfir lii maghfirotan min 'indika, warhamnii, innaka antal ghofuurur-rohiim.

Artinya:
"Ya Allah, sungguh aku telah menzalimi diriku dengan kezaliman yang banyak, dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka ampunilah aku dengan suatu pengampunan dari sisi-Mu, dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Sumber: HR. Bukhari no. 834 dan Muslim no. 2705.

Dalil dari bacaan doa kalimat astaghfirullahal adzim ini dapat dilihat pada hadits riwayat Bukari nomor 834 dan hadits riwayat Muslim nomor 2705.

Barang siapa yang membaca doa ini dengan sungguh-sungguh, maka Allah SWT akan membukakan pintu maaf baginya meski kita telah melakukan perbuatan dzalim yang tak terhitung jumlahnya.

c. Teks Bacaan Doa Istighfar 3

Doa berikut dapat diucapkan sebagai doa taubat memohon ampunan Allah SWT agar dosa yang kita miliki dapat dihapus oleh-Nya. Berikut adalah bacaan doa istighfar bahasa Arab, latin dan terjemahannya.

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَتُبْ عَلَىَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Robbighfir lii wa tub 'alayya, innaka antat-tawwaabur-rohiim.

Artinya:
"Ya Rabbku, ampunilah dosa-dosaku dan terimalah taubat dariku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang."

Sumber: HR. Ahmad, At-Tirmidzi, Abu Dawud, An-Nasa'i, Al-Bukhari.

An-Nasa'i dalam Al-Kubra, Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad, Ibnu Hibban, Ath-Thabrani dalam Al-Kabiir meriwayatkan bacaan teks istighfar untuk tobat tersebut. Kemudian dalilnya dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani pada Shahih Sunan Abu Dawud nomor 1342.

Barang siapa yang membaca kalimat istighfar ini dengan sungguh-sungguh, maka Allah SWT akan mengampuni semua dosanya, membuka lembaran kehidupan baru untuknya.

Itulah macam-macam doa istighfar, download mp3 merdu bacaan doa istighfar yang paling utama, mulia, taubat, bacaan istighfar pendek, doa sayyidul istighfar yang baik, kapan lafadz istighfar yang shahih diucapkan, untuk tuliskan bacaan istighfar lengkap dengan artinya.