Bacaan Doa Iftitah Sholat Arab dan Terjemahan Lengkap

Konten []
    Runimas.com - Bacaan doa iftitah sholat arab dan terjemahan. Doa kedua yang dibaca dalam sholat, setelah doa takbiratul ikhram yang berbunyi allahu akbar kabiro walhamdulillahi kasiro dan seterusnya disebut dengan bacaan iftitah.

    Doa iftitah dibaca baik pada sholat wajib maupun sholat sunnah sebanyak satu kali yakni pada rakaat pertama saja. Karena pada rakaat kedua dan seterusnya, kita memulai bacaan doa sholat dari surat al-fatihah yang diteruskan dengan suratan pendek dalam al-quran.

    Bacaan Doa Iftitah Sholat Arab dan Terjemahan Lengkap

    Doa iftitah sendiri ada banyak macamnya, khususnya yang paling jelas perbedaannya adalah dari NU dan Muhammadiyah. Mereka masing-masing memiliki bacaan doa iftitah yang sangat berbeda. Selain itu ada 7 macam bacaan iftitah lain yang dikenal.

    Doa-doa iftitah tersebut bersumber dari berbagai hadits mulai dari hadits bukhari dan muslim, hadits ibu majah, ahmad, tirmidzi dan abu daud. Namun yang paling sering diajarkan di sekolah adalah doa iftitah dari NU dan Muhammadiyah.

    Bagi yang bersekolah di madrasah ibtidaiyah tentu akan diajarkan bacaan doa iftitah yang dipercaya oleh NU karena MI sendiri merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan NU. Sedangkan Muhammadiyah lebih banyak memiliki lembaga pendidikan di tingkat yang lebih atas seperti SMA dan Universitas.

    Lalu mana doa iftitah yang benar? Apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW? Dalam hal ini para ulama membolehkan keduanya dibaca pada saat sholat. Tidak perlu ada perdebatan dalam hal ini karena keduanya sama-sama doa iftitah atau bacaan kabiro yang boleh dibaca pada saat sholat.

    Keutamaan Membaca Doa Iftitah

    Doa iftitah bukan hanya sekedar bacaan doa yang wajib saat sholat, melainkan sebuah doa yang memiliki berjuta keutamaan. Diantara sekian banyak keutamaan dari doa iftitah antara lain adalah sebagai berikut:
    • Merupakan doa yang dibaca pertama kali dalam sholat.
    • Yang membacanya akan diangkat derajatnya oleh para malaikat.
    • Yang membacanya akan mendapat pahala dan amalan yang baik.
    • Yang membacanya akan dibukakan pintu langit selebar-lebarnya.
    • Merupakan bentuk dan upaya kita dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

    Dan masih banyak lagi keutamaan atau manfaat dari membaca doa iftitah. Oleh karena itu, usahakan bacalah doa iftitah ini secara khusyu' saat sholat. Karena doa ini sangat bermakna dan merupakan jembatan kita untuk menghadap dan berdoa kepada Allah SWT.

    Bacaan Doa Iftitah Menurut NU

    doa iftitah

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, doa iftitah memiliki dua versi dan yang paling banyak diajarkan di sekolah adalah bacaan doa iftitah Nahdlatul Ulama. Berikut adalah lafadz bacaan doa iftitah menurut NU dalma bahasa arab dan terjemahannya.

    اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. إِنِّىْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ. 

    Allaahu Akbaru kabiiraw-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw-wa’ashiila. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam-muslimaw-wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.

    Artinya :
    "Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagi-Nya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri."

    Bacaan Doa Iftitah Menurut Muhammadiyah

    Selain bacaan doa di atas, ada juga bacaan doa iftitah lain menurut Muhammadiyah. Biasanya doa ini diajarkan pada sekolah-sekolah dasar muhammadiyah, SMP atau juga SMA. Berikut adalah lafadz bacaan doa iftitah muhammadiyah arab, latin dan terjemahannya.

    اللَّحُمَّ بَا عِدْ بَيْنِى وَبَيْنَ خَطَا يَاىَ كَمَا بَاعَدْتْ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ , اللَّهُمَّ نَقِّنِى مِن الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوبُ الاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ , اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَاىَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ

    Allahumma baa’id bainii wabaina khathaayaaya kamaa baa’adta bainal masyriqi wa maghribi, allahumma naqinii min khathaayaaya kamaa yunaqats tsaubul abyadhu minad danas. Allahummaghsilnii min khathaayaaya bil maa’i wats tsalji.

    Artinya :
    "Ya Allah, jauhkan antara aku dan kesalahan kesalahanku, sebagaimana engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dan kesalahan kesalahanku, sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah aku dari kesalahan kesalahanku dengan salju, air dan air es."

    Itulah kedua bacaan doa iftitah menurut pandangan NU dan muhammadiyah. Ada yang singkat atau pendek dan ada juga doa iftitah atau bacaan kabiro yang lengkap. Semoga bermanfaat bagi kita semua yang ingin menjalankan ibadah sholat.