Bacaan Doa Ayat Kursi Arab dan Terjemahan Lengkap

Konten []
    Runimas.com - Bacaan doa ayat kursi arab dan terjemahannya. Ayat kursi disebut juga dengan ayat singgasana, merupakan ayat ke-255 dalam surat al-baqarah yang memiliki kemuliaan sangat istimewa. Ayat pada al-quran ini diriwayatkan sebagai ayat paling agung dalam al-quran.

    bacaan doa lafadz teks ayat kursi

    Ayat ini berisi tentang penjelasan dari Allah SWT bahwa Dia-lah yang merupakan satu-sautnya, tunggal dan pantas disemah oleh seluruh makhluk di alam semesta. Tidak ada yang dapat menyaingi kebesaran-Nya, dia adalah dzat yang hidup kekal.

    Ayat kursi menjelaskan bahwa Allah SWT tidak akan pernah mati, Dia merupakan pengendali sekaligus perencana apa yang akan terjadi pada alam semesta. Semua yang ada di dunia ini membutuhkan-Nya namun Dia tidak membutuhkan segala-Nya.

    Seluruh makhluk dalam alam semesta ini merupakan ciptaan-Nya yang paling baik sehingga tidak ada dari ciptaan-Nya yang tidak bermanfaat. Segalanya diciptakan atas dasar bahwa ada hal yang dapat dimanfaatkan dari apa yang diciptakan Allah SWT.

    Bacaan Doa ayat Kursi

    ayat kursi

    Kemuliaan ayat kursi akan kita dapatkan bila kita membacanya secara rutin, terutama ketika selesai sholat. Kita dapat membaca ayar singgasana ini secara bersamaan dengan doa setelah sholat yang juga memiliki keistimewaan tersendiri.

    Ayat kursi harus dibaca dengan sungguh-sungguh sebagaimana melafadzkan firman Allah yang terdapat pada al-quran lainnya. Berikut adalah lafal bacaan doa ayat kursi bahasa arab, latin dan terjemahan indonesia secara lengkap.

    a. Ayat Kursi Bahasa Arab

    اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

    b. Ayat Kursi Latin

    Allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa khalfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardla walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

    c. Arti Ayat Kursi

    "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

    Membaca Ayat Kursi

    Itulah bacaan ayat kursi secara lengkap. Mungkin sebagian orang paham dan mengetahui lafadz ayat kursi namun banyak juga yang tidak memahami arti dan mukadimah dari ayat kursi surat al-baqarah ke 255 yang memiliki makna luar biasa.

    Ayat kursi akan sangat berharga apabila kita amalkan, juga tidak ada salahnya untuk menghafal ayat kursi karena bacaannya sangat pendek dengan cara melafadzkannya pada saat setiap selesai melaksanakan sholat wajib atau fardhu.

    Ayat kursi dan maknanya ini haruslah umat muslim pahami karena pasti kita sering membacanya. Juga banyak yang beramal dengan terus mengucap suara ayat kursi mp3, terusan, membaca bacaan ayat kursi yang baik dan benar agar kita mendapat pahala.