Bacaan Doa Ayat Syifa Penyembuh Segala Penyakit Lengkap

Konten []
    Runimas.com - Bacaan doa ayat syifa penyembuh segala penyakit lengkap. Tidak ada seorangpun yang ingin menderita sakit, baik sakit fisik maupun sakit hati. Keduanya sama-sama membuat aktifitas keseharian kita menjadi terhambat.

    teks bacaan lafadz doa ayat syifa penyembuh segala penyakit

    Pada dasarnya penyakit timbul karena sistem ketahanan tubuh kita yang lemah. Oleh karena itu kita perlu memeriksakan diri ke dokter, meminta resep dan membeli obat agar penyakit bisa segera sembuh. Banyak obat penyembuh penyakit yang manjur, banyak juga yang tidak bekerja.

    Dalam konteks beragama, khususnya Islam, melalui doa ayat syifa dijelaskan bahwa penyakit muncul dan datang kepada seseorang untuk diuji apakah jika sakit ia masih tetap bertaqwa dan beribadah kepada Allah SWT atau tidak, kemudian juga untuk menguji apakah dia akan mudah menyerah dan malah berpikir bahwa Allah SWT tidak sayang kepadanya atau tidak.

    Semua hal menjadi mungkin ketika seseorang menderita sakit. Segala pemikiran bisa muncul baik pikiran negatif atau positif kepada Allah SWT. Ketika seseorang tetap percaya kepada-Nya, maka Allah akan menyembuhkan penyakitnya.

    Pengertian Ayat Syifa

    Banyak bacaan doa untuk memohon kesembuhan dari sebuah penyakit, salah satunya adalah ayat syifa. Yang dimaksud dengan ayat syifa adalah beberapa ayat dalam al-quran yang membahas tentang penyakit dan penyembuhannya.

    Ayat-ayat tersebut berisi doa untuk minta kesembuhan (penawar) penyakit kepada Allah SWT yang Maha Meyembuhkan. Kumpulan ayat syifa tidak memiliki dalil atau hadits, semua murni karangan dan hanya bertujuan mengelompokkan ayat dalam al-quran sesuai tujuannya.

    Sejarah Ayat Syifa

    Imam Abu Qasim Qushairi RA, salah satu sahabat Nabi Muhammad menjelaskan melalui ceritanya bahwa ketika terjaga di tengah malam, ia menemukan setidaknya 6 ayat syifa, ayat minta kesembuhan dalam alquran. Beliau bersabda :

    "Seorang di antara anakku jatuh sakit hingga dia hampir meninggal. Di waktu itu aku bermimpi bertemu Nabi Muhammad. Beliau bersabda: "Mengapa kamu tidak mengambil manfaat dari ayat-ayat Syifa'? Kenapa kamu tak mengamalkan ayat-ayat itu dan memohon (kepada Allah) agar disembuhkan?"

    Bacaan Doa Ayat Syifa

    Membaca ayat alquran harus dilakukan dengan niat tulus dan hati yang bersungguh-sungguh untuk memohon ridha-Nya. Jika tidak, maka kita tidak akan memperoleh manfaat, faedah ayat syifa, keutamaan, fadilah atau hikmahnya.

    Berikut adalah bacaan teks lafadz tulisan ayat syifa bahasa arab, latin dan tejemahan indonesia atau artinya.

    1. Ayat Syifa 1

    Berikut adalah teks ayat syifa pertama diambil dari surat At-Taubah ayat 14.

    وَيَنْصُرْكُمْ عَلَيْهِمْ وَيَشْفِ صُدُورَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ

    Latin:
    Wa yanshurkum `alayhim wa yasyfi shuduura qawmim-mu’miniin.

    Artinya:
    “Dan (Allah ) akan melegakan hati orang-orang yang beriman” [QS. at-Taubah 9: 14]

    2. Ayat Syifa 2

    Berikut adalah bacaan ayat syifa kedua diambil dari surat Yunus ayat 57.

    يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

    Latin:
    Yaa ayyuhaan-naasu qad jaa atkum maw`izhatum mir-rabbikum wa syifaa-ul-limaa fish-shuduuri wa hudaw wa rahmatul-lil mu’miniin.

    Artinya:
    “Hai Manusia, sesunguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” [QS. Yunus 10: 57]

    3. Ayat Syifa 3

    Berikut adalah lafadz ayat syifa ketiga diambil dari surat An-Nahl ayat 69.

    يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ

    Latin:
    Yakhruju mim-buthuunihaa syaraabum-mukhtalifun alwaanuhu fiihi syifaa-ul-linnaas.

    Artinya:
    “Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.” [QS. an-Nahl 16: 69]

    4. Ayat Syifa 4

    Berikut adalah doa ayat syifa keempat diambil dari surat Al-Isra ayat 82.

    وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

    Latin:
    Wa nunazzilu minal qur-aani maa huwa syifaa-uw warahmatul-lil mu’miniin.

    Artinya:
    “Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” [QS. Bani Israil (al-Israa) 17: 82]

    5. Ayat Syifa 5

    Berikut adalah tulisan ayat syifa kelima diambil dari surat Asy-Syura ayat 80.

    وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ

    Latin:
    Wa idzaa maridhtu fahuwa yasyfiini.

    Artinya:
    “Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku” [Do’a Nabi Ibrahim dalam Surat Asy-Syu’raa’ 26:80]

    6. Ayat Syifa 6

    Berikut adalah lafal ayat syifa keenam dari surat Fushshilat ayat 44.

    قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاءٌ

    Latin:
    Qul huwa lilladziina aamanuu hudaw wasyifaa’uw-walladziina laa yu’minuun.

    Artinya:
    “Dan katakanlah (wahai Muhammad ) bahwa (Qur’an) itu adalah petunjuk dan menyembuhkan bagi orang-orang yang beriman.” [QS. Fushshilat 41:44]

    Itulah keenam kumpulan ayat syifa mohon kesembuhan, penyakit, penawar, penyembuh segala macam sakit. Ayat syifa bahasa arab latin terjemahan lengkap pendek, pdf, mp3 download, surat syifa mp3 dan sebagainya.
    Show comments
    Hide comments